NHS Inggris Luncurkan Gawai Penghilang Sakit Kepala

Nasional | republika | Published at Senin, 05 April 2021 - 00:06
NHS Inggris Luncurkan Gawai Penghilang Sakit Kepala

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Layanan kesehatan Inggris, National Health Service (NHS), meluncurkan sebuah gawai yang berfungsi sebagai penghilang sakit kepala untuk negeri itu. Perangkat portabel kecil yang dapat menghilangkan sakit kepala yang menyiksa itu tersedia bagi siapa saja yang membutuhkannya di NHS.

Menurut laman resmi NHS yang dilansir Ahad (4/4), gawai bernama gammaCore itu dipasangkan di leher dan mengirimkan arus listrik tingkat rendah untuk memblokir sinyal rasa sakit. Gawai itu menghilangkan rasa sakit dari orang yang menderita sakit kepala 'cluster'.

NHS Inggris memperluas penggunaan gammaCore setelah uji coba yang sukses diadakan selama dua tahun terakhir. Rencana Jangka Panjang NHS berkomitmen untuk menggunakan perawatan dan terapi terbaru untuk meningkatkan perawatan pasien. Sekitar 11.000 orang akan mendapatkan manfaat dari perangkat ini saat mereka mengalami sakit kepala yang melemahkan.

“Meskipun mungkin kecil, perangkat ini akan membuat perbedaan besar bagi orang yang menderita sakit kepala yang melemahkan ini. Ini menghilangkan gejala yang menyakitkan dan memungkinkan orang menjalani kehidupan sehari-hari seperti biasa,” ujar Direktur medis NHS Stephen Powis. 

Menurut Powis, Rencana Jangka Panjang NHS berkomitmen untuk menyediakan perawatan dan teknologi mutakhir untuk menyelamatkan dan meningkatkan kehidupan. GammaCore, kata Powis, adalah contoh terbaru dari NHS yang menguji teknologi terbaru dan meluncurkannya dengan cepat untuk pasien di seluruh negeri. 

Sakit kepala cluster dimulai dengan cepat dan sering digambarkan sebagai sensasi tajam, terbakar atau menusuk di satu sisi kepala. Sakit kepala itu berupa serangan yang berlangsung antara 15 menit dan tiga jam dan terjadi hingga delapan kali sehari.

Pasien dapat menggunakan perangkat secara teratur untuk mencegah sakit kepala cluster atau saat mereka merasa sakit kepala cluster mulai munculMeskipun jarang, kondisi yang melemahkan lebih sering terjadi pada pria dan cenderung dimulai saat mereka berusia 30-an atau 40-an.

Dokter sekarang memiliki pilihan pengobatan lain untuk pasien, terutama bagi mereka yang tidak berhasil dengan pengobatan lain. Termasuk triptan, yaitu obat penghilang rasa sakit yang digunakan untuk meredakan migrain dan sakit kepala parah.

Teknologi baru ini tersedia, sebagai bagian dari kebijakan Mandat Pendanaan Medtech yang baru, yang mulai berlaku pada 1 April, memungkinkan pasien mendapatkan keuntungan dari inovasi jalur cepat dari NHS. Sekitar satu hingga dua orang dari setiap 1.000 dipengaruhi oleh jenis sakit kepala yang jarang terjadi dan sekitar satu dari 20 tidak menanggapi metode tradisional, termasuk obat penghilang rasa sakit atau oksigen.

“Terlepas dari pandemi, kami tetap berkomitmen untuk memenuhi komitmen ambisius yang ditetapkan dalam Rencana Jangka Panjang untuk mendukung inovasi terbaru dan memungkinkan pasien untuk memanfaatkannya di seluruh negeri, secepat mungkin,” ungkap direktur inovasi dan ilmu kehidupan untuk NHS Inggris, Matthew Whitty. 

Perangkat GammaCore akan memberikan manfaat yang mengubah hidup bagi ribuan orang dan itu hanyalah salah satu dari sejumlah teknologi yang diamanatkan oleh NHS. NHS Inggris baru-baru ini mencapai kesepakatan tentang Zolgensma, yang mengobati penyakit genetik yang melumpuhkan dan sering kali membunuh bayi dan anak kecil dan juga merupakan obat termahal di dunia.

Sumber: https://www.england.nhs.uk/2021/04/nhs-rolls-out-headache-busting-gadget-across-the-country/

Artikel Asli