Loading...
Loading…
4 Manfaat Hewan Ternak dalam Islam, Pertama Memberi Kehangatan

4 Manfaat Hewan Ternak dalam Islam, Pertama Memberi Kehangatan

Muslim | okezone | Kamis, 06 Februari 2020 - 08:56

ALLAH SWT menciptakan yang manfaatnya sangat banyak. Hewan ternak itu hidup berdampingan dengan manusia tanpa saling mengganggu.

Allah berfrman, Dan telah diciptakan-Nya untukmu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai manfaat, dan dari sebagiannya kamu makan. Dan kamu memperoleh keindahan padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya (ke tempat penggembalaan). Dan ia mengangkut beban-bebanmu (menuju) ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup mencapainya, kecuali dengan susah payah. Sungguh, Tuhanmu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan Dia (telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, untuk kamu tunggangi dan menjadi perhiasan. Allah menciptakan apa yang kamu tidak ketahui. (An-Nahl: 5-8).

Ayat-ayat di atas menjelaskan manfaat-manfaat yang bisa diperoleh manusia dari hewan-hewan ternak; sapi, domba, kambing, dan unta. Manfaat pertama yang bisa didapat manusia termasuk dalam firman-Nya, Dan hewan ternak telah diciptakan-Nya untukmu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan...

Maksudnya, dapat membantu memberikan kehangatan bagi manusia pada musim dingin, yaitu melalui karpet, baju, penutup kepala, dan jenis-jenis pakaian lainnya yang dibuat dari kulit hewan ternak.

Original Source