5 Ilmuwan Islam Berkontribusi Besar Perkembangan Dunia

okezone | Muslim | Published at 20/12/2020 04:30
5 Ilmuwan Islam Berkontribusi Besar Perkembangan Dunia

JAKARTA – Sejumlah ilmuwan Islam memberikan kontribusi besar dalam perkembangan dunia. Ini sebagai bukti bahwa Islam mendukung perkembangan dunia yang positip.

Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam QS. Thaha ayat 114:

Baca Juga: Doa Setelah Asar di Hari Jumat Mustajab, Ustaz Khalid Basalamah: Agar Nikmat Allah SWT Dipertahankan

“Hubungan Alquran dengan sains tidak dapat dipisahkan, dan Islam merupakan satu-satunya agama yang respek terhadap ilmu pengetahuan. Dalam Al-Qur'an, Allah Ta'ala berfirman: "Wa qul Robbi zidni 'ilman (dan katakanlah, wahai Rabb-ku, tambahkanlah kepadaku ilmu)".

Peradaban dunia yang terus berkembang mengisahkan sebuah ilmu yang berasal dari para ilmuan Islam. Beberapa ilmuan ini berpengaruh dalam perkembangan pengetahuan di dunia yang menyebar dan terus berkembang.

Baca Juga: Tenang Saja, Semua Sudah Diatur dalam Islam

1.Az-Zahrawi

Nama lengkapnya Abul Qasim Khalaf ibn Al-Abbas Az-Zahrawi atau El-Zahwari. Beliau dijuluki Az-Zahra dan Abulcasis. Beliau adalah seorang dokter yang pakar dalam bidang kedokteran gigi dan kelahiran anak. Az-Zahrawi lahir di Madinatuz Zahra pada (936-1013) atau dikenal sebagai Abulcasis oleh ilmuwan Barat.

Selain itu, ia juga menciptakan penemuan obat-obatan. Beliau pernah membuat alat bedah sendiri dengan teknik pengoperasian yang tergolong maju saat itu. Berkat keahliannya itu, Az-Zahri diangkat menjadi dokter kerajaan pada masa Khalifah Al-Hakam II dari kekhalifahan Umayyah.

Artikel Asli