Batalkan Tiket Rute Solo-Jeddah, Saudia Airlines Dilaporkan ke Gibran Rakabuming

Batalkan Tiket Rute Solo-Jeddah, Saudia Airlines Dilaporkan ke Gibran Rakabuming

Muslim | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 14:44
share

JAKARTA, iNewsBogor.id - Pembatalan tiket promo pulang-pergi (PP) seharga Rp5 juta rute Solo - Jeddah secara sepihak oleh Maskapai Penerbangan Saudia Airlines membuat para pelanggan kecewa. Pembatalan tiket secara sepihak itu dilakukan maskapai pelat merah Arab Saudi itu pada 5 Juni 2023.

Rifki Aris Sandi, melalui akun Twitter pribadinya @rifkiarissandi, meluapkan kekecewaannya atas keputusan sepihak Saudia Airlines.

Rifki adalah salah satu pembeli tiket promo Solo - Jeddah milik Saudia Airlines yang dibanderol Rp5 juta. Ia mengaku dizolimi atas pembatalan sepihak Saudia Airlines lantaran telah membeli tiket sesuai prosedur yang baik dan benar untuk keluarganya bisa menunaikan ibadah umrah .

Kenapa kamu @Saudia_Care @Saudi_Airlines berlaku seperti ini kepada mereka yang ingin pergi umroh... Jangan mendholimi mereka dengan berlaku tidak adil, ucap Rifki dikutip Rabu (7/6/2023).

Rifki pun turut mengadukan pembatalan tiket rute Solo - Jeddah yang dilakukan sepihak oleh Saudia Airlines kepada Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Ia meminta Gibran agar bisa menindaklanjuti persoalan pembatalan tiket secara sepihak ini.

Untuk mas @gibran_tweet mungkin kita yang berangkat dari solo bisa dibantu, ujar Rifki.

Pembeli tiket lain yang bernama Ndaru Gayatri, @rurughaya, menilai pembatalan secara sepihak yang dilakukan Saudia Airlines anomali. Pasalnya, di saat yang sama, Saudia Airlines juga memberikan promo Medan Jeddah dan Makassar Jeddah, namun hanya penerbangan rute Solo Jeddah yang dibatalkan secara sepihak,

Aneh ya yang di cancel 1 rute, lalu yg dr tempat lain gimana? #CancelSepihakSaudiAirlines ucap Ndaru Gayatri dikutip Rabu (7/6/2023)

Selain itu, para pelanggan turut meluapkan kekesalannya atas tiadanya pemeberitahuan resmi dari Saudia Airlines terkait proses refund secara sepihak yang telah terjadi.

Yang nyebelin adalah ga ada announcement apa, tau tau status tiket jadi refund. Kaya, kalau mau pilih refund itu harusnya kita dikasih option dulu, ga bisa main ubah status dari confirm tetiba refund gitu aja. DAN PIHAK @Saudi_Airlines DIDNT GIVE US ANY STATEMENT, ujar Zakia Raselia Jefri, salah satu penumpang yang memesan tiket rute penerbangan Solo Jeddah.

Saudia Airlines Sebut Ada Kesalahan Pada Sistem

Sebelumnya, harga tiket promo Saudia Airlines - Garuda Indonesia rute penerbangan Solo - Jeddah viral di media sosial (medsos) lantaran hanya dibanderol Rp5 juta. Itu terjadi karena tiket pesawat, umumnya, menjadi komponen biaya tertinggi dalam penyelenggaraan umrah.

Rata-rata biaya penerbangan Jakarta - Jeddah bisa mencapai Rp14 juta.

President Director Saudia Airlines di Indonesia (Ayuberga) Andri Bermawi pun menanggapi viralnya tiket promo Solo -Jeddah yang hanya dibanderol Rp5 juta. Ia memastikan bahwa harga tiket promo tersebut tidak benar.

Menurutnya telah terjadi kesalahan dalam sistem atau system error terkait harga dari tiket Solo - Jeddah tersebut.

Ini system error. Sudah diperbaiki dan di-follow up kantor pusat (Saudia Airlines), ujar Ayuberga.

Andri, sapaan akrabnya, memastikan bahwa Saudia Airlines bakal mengembalikan seluruh dana (refund) para pelanggan yang telah membeli tiket promo tersebut.

Mungkin akan di-refund langsung melalui credit card, diproses kantor pusat (Saudia Airlines) di Jeddah, tandasnya.