6 Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Adha, Mandi hingga Memakai Wewangian

6 Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Adha, Mandi hingga Memakai Wewangian

Muslim | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 15:59
share

JAKARTA, celebrities.id - Amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha dapat menambah pundi-pundi pahala setiap Muslim yang mengerjakannya. Amalan ini sangat dianjurkan di momentum hari raya besar Islam.

Berdasarkan SKB 3 Menteri terbaru yang dapat diketahui melalui laman resmi Kemenko PMK, Hari Raya Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Hari Raya Idul Adha tersebut juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (7/6/2023), celebrities.id telah merangkum amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha, sebagai berikut.

Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Adha

1. Mandi Sunnah

Setiap muslim dianjurkan mandi besar sebelum melaksanakan sholat Ied. Hanya saja niatnya dimaksudkan untuk sholat Idul Adha. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis berikut. "Dari Nafi\', beliau mengatakan bahwa Ibnu Umar radhiallahu \'anhuma mandi pada hari Idul Fitri sebelum berangkat ke lapangan". (HR Malik dan asy-Syafi\'i dan sanadnya shahih)

2. Berjalan Kaki

Saat menuju ke masjid ataupun tempat shalat Ied hendaklah berjalan kaki karena hal itu lebih utama. Namun untuk orang yang telah berumur dan orang yang tidak mampu berjalan, maka boleh saja berangkat dengan menggunakan kendaraan. Dengan berjalan kaki kita bisa bertegur sapa mengucapkan salam dan juga bisa bermushafahah (bersalam-salaman) sesama kaum muslimin.

3. Tidak Makan dan Minum sebelum Sholat Idul Adha

Disunahkan berpuasa dulu sebelum sholat Idul Adha. Setelah Sholat Adha, pulang ke rumah, lalu silahkan makan dan minum.

Dari Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ied pada hari Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari sholat id baru beliau menyantap hasil kurbannya." (HR Ahmad, 5:352. Syekh Syu\'aib Al-Arnauth mengatakan hadis ini hasan)

4. Menggunakan Parfum dan Wangi-wangian

Umat Islam juga disunnahkan untuk menggunakan wangi-wangian atau minyak wangi. Tentunya, wangi yang tidak berlebihan dan tidak mengganggu orang yang berada di dekat kita. Hal ini sebagaimana yang disampaikan dalam hadist berikut,

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memerintahkan kami untuk memakai pakaian terbaik yang kami miliki pada dua hari raya dan memakai minyak wangi (HR. Hakim)

5. Memakai Pakaian yang Baik dan Bersih

Menggunakan pakaian yang paling baik lagi bersih dan suci jika memilikinya. Jika tidak memilikinya maka cukup memakai pakaian yang bersih dan suci. Akan tetapi sebagian ulama mengatakan bahwa yang paling utama adalah memakai pakaian yang putih dan memakai serban.

Dalam Kitab Raudlatut Thalibin dijelaskan:

. . .

Disunnahkan memakai pakaian yang paling baik, dan yang lebih utama adalah pakaian warna putih dan juga memakai serban. Jika hanya memiliki satu pakaian saja, maka tidaklah mengapa ia memakainya. Ketentuan ini berlaku bagi kaum laki-laki yang hendak berangkat shalat Id maupun yang tidak. Sedangkan untuk kaum perempuan cukuplah ia memakai pakaian biasa sebagaimana pakaian sehari-hari, dan janganlah ia berlebih-lebihan dalam berpakaian serta memakai wangi-wangian.

6. Melafazkan Takbir

Sembari berjalan ke masjid atau lapangan untuk sholat Idul Adha, silakan bertakbir. Begitu juga ketika sampai di lokasi sholat id, perbanyaklah memuji Allah Subhanahu wa ta\'ala.

Pada hari Raya Idul Adha disunahkan membaca takbir dimulai sejak shubuh hari arafah tanggal 9 Dzulhijjah sampai waktu Ashar hari Tasyriq yang berakhir pada tanggal 13 Dzulhijjah. Disunnahkan bertakbir pada setiap selesai habis sholat fardhu selama hari Tasyrik tersebut.