5 Larangan saat Di Makkah dan Madinah bagi Jemaah Haji

5 Larangan saat Di Makkah dan Madinah bagi Jemaah Haji

Muslim | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 13:09
share

AKURAT.CO Jemaah haji Indonesia wajib mengetahui dan mmeatuhi peraturan Pemerintah Arab Saudi yang berlaku di Tanah Suci, baik di Makkah maupun di Madinah.

Kabid Perlindungan Jemaah (Linjam) PPIH Arab Saudi, Harun Al Rasyid, menyebut ada lima larangan yang wajib dipatuhi jemaah haji.

"Ada beberapa larangan yang harus diindahkan jemaah. Lima larangan yang perlu kita pedomani saat kita berada di Makkah dan Madinah," katanya, Selasa (6/6/2023).

Kelima larangan tersebut yaitu, pertama jemaah tidak boleh merokok sembarangan. Jemaah yang kedapatan merokok bukan hanya didenda tapi juga kurungan.

Kedua, jemaah haji jangan sembarangan membuang sampah di sekitar Masjidilharam dan juga di Masjid Nabawi.

"Bila kita melihat sampah ambil dan kita bawa sampai ketemu tempat sampah. Ini harus diantisipasi," ujarnya.

Ketiga, jemaah dan semua petugas dilarang membentangkan spanduk atau tanda-tanda yang mencirikan kelompoknya baik di Masjid Nabawi maupun Masjidilharam. Misalnya, membentangkan spanduk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

"Tolong sampaikan ke jemaah jangan lakukan. Sebab bisa langsung ditangkap oleh Askar," ucapnya.

Keempat, jemaah dilarang mengambil barang atau benda tercecer tanpa koordinasi terlebih dahulu kepada pihak keamanan.

"Walaupun itu niatnya untuk mengamankan karena di sekitar masjid ini ada CCTV. Maksudnya itu baik tapi dianggap tidak baik. Jadi ketika melihat ada barang yang tercecer jemaah sebaiknya melapor," paparnya.

Terakhir, jemaah dilarang berkumpul atau berkerumun ketika berada di dalam atau di luar halaman Masjidilharam atau Masjid Nabawi. "Itulah larangan yang perlu dicermati dan dipatuhi agar jemaah menjalankan ibadah dengan lancar," ucapnya.[]