Jemaah Diminta Pertimbangkan Batas Berat Koper di Bagasi saat Beli Oleh-oleh

Jemaah Diminta Pertimbangkan Batas Berat Koper di Bagasi saat Beli Oleh-oleh

Muslim | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 10:36
share

AKURAT.CO , MAKKAH - Jemaah haji Indonesia diminta untuk mempertimbangkan batas kapasitas koper yakni 30-40 kilo untuk koper besar yang masuk bagasi saat hendak membeli oleh-oleh. Oleh karena itu jamaah disarankan membeli oleh-oleh secukupnya.

"Kalau melebihi nanti akan dikurangi dan sayang kan kalau sudah dibeli banyak-banyak tapi tidak terbawa," kata Kepala Daerah Kerja Madinah, Zaenal Muttaqin, Sabtu (3/6/2023) di Madinah.

Zaenal melanjutkan, kecuali jamaah memang mau mengirimkan oleh-oleh tersebut melalui paket jasa pengiriman. Kalau dipaksakan masuk pesawat kapasitasnya terbatas."Silahkan saja kalau jamaah memang mau dikirimkan via jasa pos," kata dia

Ia menyebut, perjalanan jamaah haji Indonesia masih panjang. Belilah oleh-oleh secukupnya yang memang menjadi khas kota Madinah. "Hematlah jamaah, silahkan diatur living costnya, perjalanan masih lama," kata dia.

Zaenal juga mengingatkan agar jamaah haji menyimpan living cost di tempat yang aman. Saat Jamaah ke masjid sebaiknya bawa uang secukupnya saja.

Toko-toko yang berada di kawasan Markaziyah, Madinah mulai diserbu jamaah haji Indonesia, utamanya jamaah yang bersiap berangkat menuju Makkah. Mereka berburu beragam oleh-oleh.

Diketahui, pada tahun 2023, living cost atau dana kebutuhan hidup yang diserahkan ke jamaah sebesar 750 riyal atau tiga jutaan. Tahun lalu, living cost haji mencapai 1.500 riyal atau 6 jutaan.[]