Tiga Calon Haji Meninggal Dunia di Tanah Suci, Mereka Berasal dari Daerah Ini

Tiga Calon Haji Meninggal Dunia di Tanah Suci, Mereka Berasal dari Daerah Ini

Muslim | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 11:23
share

BOYOLALI, NETRALNEWS.COM - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan jumlah jamaah calon haji asal Jawa Tengah yang meninggal di Tanah Suci hingga hari ke-11 keberangkatan dilaporkan sebanyak tiga orang.

"Jamaah calon haji Embarkasi Solo asal Jateng yang meninggal dilaporkan bertambah satu orang menjadi tiga orang," kata Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Sabtu.

Menurut Gentur, calon haji yang meninggal laporan terbaru atas nama Tasmi Kasan Mukrim (71), warga Kabupaten Kendal yang tergabung dalam kloter 15 Embarkasi Solo. Tasmi Kasan dilaporkan meninggal dunia saat menjalankan shalat di Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi, pada Jumat (2/6), sekitar pukul 09.44 WAS, karena penyakit jantung.

Dua calon haji Embarkasi Solo sebelumnya yang meninggal dunia, yakni Suprapto Tarlim Kertowijoyo asal Kabupaten Demak tergabung kloter 3, di Hotel Abrajtabah Madinah, pada Rabu (25/5), pukul 04.25 WIB karena sakit dan Masrikan Rejo Nasikum asal Demak kloter 4, di Rumah Sakit Arab Saudi, pada Rabu (31/5), pukul 18.30 WAS, karena serangan jantung.

"Ketiga jamaah asal Jateng itu sudah dimakamkan di pemakaman Baqi Madinah, Arab Saudi. PPIH Embarkasi Solo sudah memberitahukan kabar duka itu kepada panitia daerah untuk dilanjutkan kepada pihak keluarga," kata Gentur.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo, pada Sabtu ini dijadwalkan memberangkatkan jamaah calon haji asal Jateng sebanyak empat kloter, yakni kloter 29 asal Kabupaten Kebumen, kloter 30 asal Kebumen, kloter 31 gabungan asal Kebumen Brebes, dan kloter 32 asal Brebes.

Jamaah kloter 29 asal Kabupaten Kebumen telah diberangkatkan ke Tanah Suci dengan 358 orang melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 08.15 WIB. Calon haji kloter 30 kini sudah persiapan diterbangkan ke Tanah Suci pada pukul 12.05 WIB, dan disusul kloter 31 pada pukul 19.35 WIB, serta kloter 32 pada pukul 23.55 WIB.

"PPIH Embarkasi Solo hingga keberangkatan jamaah calon haji kloter 29, jumlah yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci sebanyak 10.391 orang dari total rencana tahun ini sebanyak 33.664 orang asal Jateng dan D.I. Yogyakarta," katanya.

PPIH Embarkasi Solo, Sabtu ini juga kedatangan jamaah calon haji tiga kloter, yakni kloter 33 asal Kabupaten Brebes pada pukul 06.00 WIB, kloter 34 asal Brebes dan Kota Tegal pada pukul 10.00 WIB dan kloter 35 asal Kota Tegal pada pukul 19.00 WIB.

"PPIH Embarkasi Solo hingga kedatangan jamaah calon haji kloter 33 mencapai 11.104 orang yang diterima di Asrama Haji Donohudan Boyolali," katanya dinukil dari Antara.

Sementara itu, jamaah calon haji yang masuk Asrama Haji Donohudan Boyolali dari hasil pemeriksaan kesehatan terakhir di Klinik Embarkasi Solo yang dinyatakan sakit dan dirujuk ke rumah sakit ada lima orang. Dengan rincian dua calon hai menjalani perawatan di RSU Dr. Moerwardi Solo, tiga di RS TNI AU Karanganyar. Enam calon haji lainnya masih menjalani observasi di Klinik Kesehatan asrama haji.