Cara Mengusap Kepala Anak Yatim dan Doa yang Dianjurkan

Muslim | sindonews | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 21:30
Cara Mengusap Kepala Anak Yatim dan Doa yang Dianjurkan

Salah satu tradisi di Indonesia pada Hari 'Asyura (10 Muharram) adalah menyantuni anak yatim dan mengusap kepalanya. Sehingga hari 'Asyura dikenal dengan istilah Hari Raya Anak Yatim.

Adapun amalan mengusap anak Yatim pada Hari Asyura ini berlandaskan:

وَمَنْ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ يَتِيمٍ يَوْمَ عَاشُورَاءَ رَفَعَ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ دَرَجَةً،[أبو الليث السمرقندي، تنبيه الغافلين بأحاديث سيد الأنبياء والمرسلين للسمرقندي، صفحة ٣٣١]

"Barangsiapa yang mengusap kepala anak yatim dengan tangannya pada hari 'Asyura, maka Allah akan mengangkat derajatnya dengan setiap rambut yang diusap. (Riwayat Al-Samarqandi). (Baca Juga: Keutamaan Bulan Muharram dan Amalan yang Dianjurkan)

(Baca Juga: Setiap Hari Ribut Soal Khilafah dan PKI, Ternyata yang Paling Ditakuti Justru Krisis Ekonomi)

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda mengatakan, meski hadis di atas menurut ulama sangat lemah. Namun, secara hakikat, menyantuni dan mengusap kepala anak Yatim adalah amalan mulia yang dianjurkan dan mampu menjadikan hati lembut. Dalam sebuah hadis Nabi disebutkan:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَجُلًا شَكَا إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَسْوَةَ قَلْبِهِ، فَقَالَ: " امْسَحْ رَأْسَ الْيَتِيمِ، وَأَطْعِمِ الْمِسْكِينَ "

[أحمد بن حنبل ,مسند أحمد ط الرسالة ,14/558]

"Sesungguhnya seorang lelaki mengadu kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tentang kerasnya hatinya, Nabi bersabda: 'Berilah makanan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim" (HR. Ahmad No. 9018)

 

(Baca Juga: Temukan Kasus Covid-19, Indonesia Mampu Tes PCR 7.933 per 1 Juta Penduduk)

Doa dan Cara Mengusap Kepala Anak Yatim

Adapun cara mengusap kepala anak yatim yang benar menurut Al-Munawi adalah:

تلطفا وايناسا - أن اليتيم يمسح رأسه من أعلاه إلى مقدمه قال زين الحافظ العراقي: وورد في حديث ابن أبي أوفى أنه يقال عند مسح رأسه جبر الله يتمك وجعلك خلفا من أبيك [المناوي، فيض القدير، ١٠٨/١]

Artinya: Diusap dengan lembut dan kasih sayang. Caranya adalah dari bagian atas ke depan. Disunnahkan membaca doa ketika mengusap kepala anak Yatim"Semoga Allah menutup keyatimanmu dan menjadikanmu pengganti yang baik dari ayahmu".

Jadi mengusapnya bukan dengan memutar tangan rata ke seluruh kepala anak yatim. Tetapi mengusapnya dari bagian atas ke bagian depan. (Baca Juga: Ustaz Saeful Huda Ajarkan Cara Mengatasi Anak Nakal)

 

Demikian keutamaan menyantuni dan mengusap kepala anak Yatim. Selain dapat melembutkan hati, menyantuni anak Yatim akan masuk surga berdekatan bersama Rasulullah SAW. Dalam hadis lain disebutkan: "Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni." (HR. Tirmidzi dari Ibnu Abbas).

(Baca Juga: Peringati 10 Muharram, Jurnalis Probolinggo Gelar Tradisi Usap dan Santuni Anak Yatim)

Wallahu Ta'ala A'lam

Artikel Asli