Loading...
Loading…
Begini Cara Mengobati Sakit Maag ala Rasulullah

Begini Cara Mengobati Sakit Maag ala Rasulullah

Muslim | okezone | Jumat, 14 Agustus 2020 - 21:21

AHLI pengobatan thibbun nabawi, Ustadz Muhammad Suharsono mengatakan, banyak keterangan dari Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam yang menjelaskan tentang substansi dari sikap seseorang terhadap penyakit atau ketika sedang sakit.

"Adapun cara berobatnya itu disesuaikan dengan perkembangan zaman," katanya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Ustadz Harsono juga menambahkan, saat zaman Nabi terdapat obat -obatan tradisional yang bisa membantu meredakan penyakit, obat yang dimaksud seperti madu hingga herbal. Namun demikian sifatnya hanya mencegah, bukan mengobati.

"Madu atau herbal atau yang lainnya itu sifatnya hanya pencegahan saja atau preventif. Tetapi apabila sudah ada diagnosa dari dokter didukung dengan data hasil laboratorium atau radiologi yang mengindikasikan penyakit tertentu, maka sebaiknya mengikuti saran dokter dan mengikuti saran dokter ini adalah bagian dari ketaatan kepada Allah SWT dan sunnah Rasulullah SAW," paparnya.

: ( ) (2204 )

Artinya: Dari Jabir dari Rasulullah SAW, sesungguhnya beliau bersabda :"setiap penyakit pasti ada obatnya, maka apabila ditemukan obat yang tepat untuk satu penyakit maka akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah SWT." HR. Muslim (2204).

Kemudian dalam riwayat hadist lainnya, Nabi bersabda:

: ( ) (5678 ) .

Artinya: Dari Abu HUrairah ra. Dari Nabi saw Beliau bersabda : "Tidak ada satupun penyakit yang diturunkan Allah kecuali Allah turunkan juga obatnya" (HR. Bukhari ; 5678).

Namun demikian, pengobatan alami ala Rasullah Shalallahu alaihi wassalam bisa jadi alternatif bagi manusia yang menderita sakit maag. Yaitu dengan mengonsumsi madu dan herbal.

Mengonsumsi madu dapat menggantikan ranitidine (obat maag). Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menjelaskan, dalam kitabnya \'Ath-Thibbun Nabawi\'. Bahwa suatu ketika ada seorang sahabat datang menghadap Rasulullah dan mengeluhkan perutnya yang terasa sakit. Kemudian Rasulullah, menyarankan agar sahabat tersebut mengonsumsi madu.

Original Source