Loading...
Loading…
Waspadai Bisikan Setan: Usik Waktu Sholat, Mudahkan Nongkrong

Waspadai Bisikan Setan: Usik Waktu Sholat, Mudahkan Nongkrong

Muslim | okezone | Kamis, 06 Agustus 2020 - 11:05

DALAM kitab suci Alquran telah dijelaskan berulang kali bahwa setan adalah musuh manusia. Dia musuh yang nyata. Selalu berusaha menghancurkan kehidupan anak-anak Nabi Adam Alaihissalam.

Allah Subhanahu wa ta\'ala berkali-kali mengulang tentang bahaya setan. Tujuannya agar manusia sadar dan waspada untuk tidak mengikuti ajakannya.

Allah Subhanahu wa ta\'ala berfirman:

qala ya bunayya la taqsus ru`yaka \'ala ikhwatika fa yakidu laka kaida, innasy-syaiana lil-insani \'aduwwum mubin

"Ayahnya berkata: \'Hai anakku, janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar (untuk membinasakan)mu. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia." (QS Yusuf: 5)

"Setan diciptakan untuk menggoda dan mengajak manusia agar mengikuti ajakannya. Setan selalu berbisik kepada manusia untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa ta\'ala," ungkap Ustadz Dr Khalid Basalamah, dikutip dari akun Youtube-nya, Kamis (6/8/2020).

Ia menceritakan, setiap saat yang dijalani manusia sangatlah berharga. Setan selalu menggoda setiap saat itu, terutama ketika sedang lalai.

Banyak manusia membuang-buang waktu, seakan-akan waktu panjang. Tetapi ketika sedang beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta\'ala, waktu itu terasa berat sekali.

"Seperti kalau masuk ke masjid menunggu 5 menit untuk sholat, waktu itu terasa sangat lama sekali. Kemudian kita mencari masjid yang lain, padahal waktu yang kita tunggu hanya 5 menit. Dalam 5 menit itu kita bisa melaksanakan sholat qabliah, bisa berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta\'ala. Berdoa pada saat itu merupakan waktu yang mustajab. Doa kita tidak akan ditolak saat azan dan iqamah. Itu adalah kesempatan kita berdoa: \'Ya Allah, panjangkanlah umurku, mudahkan urusanku, bukakan pintu rezekiku, berikan aku keturunan yang salih dan salihah.\' Minta semua yang baik-baik insya Allah doa kita akan diijabah oleh Allah Subhanahu wa ta\'ala. Tidak usah cari masjid yang lain, gunakan waktu itu untuk berdoa," paparnya.

Ustadz Khalid Basalamah melanjutkan, menunggu 5 menit itu adalah waktu yang lama ketika akan beribadah. Kemudian lebih memilih nongkrong di depan masjid karena waktu azan dan iqamah masih lama.

"Tetapi kalau masuk ke kafe atau restoran, kita pesan makan, kemudian makanan yang kita pesan itu habis dan harus menunggu 15 menit, kita mau-mau saja menunggu 15 menit, waktu terasa sebentar. Tetapi 5 menit menunggu untuk sholat, masyaallah, berat sekali. Itulah tugas setan membisikkan godaannya kepada manusia," jelasnya.

Original Source