4 Hal yang Menjerumuskan kepada Fitnah

4 Hal yang Menjerumuskan kepada Fitnah

Muslim | telisik.id | Selasa, 6 September 2022 - 09:46
share

KENDARI, TELISIK.ID - Fitnah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang.

Dikutip dari Dalamislam.com, kata fitnah berasal dari bahasa Arab yang bermaknaujiandancobaan.

Dalam Al-Qur\'an, fitnah memiliki beberapa makna. Fitnah berarti kufur (QS Ali Imran [3]: 7), juga bermakna syirik (QS al-Baqarah [2]:9, Ali Imran [3]: 39) dan sering diartikan sebagai ujian dan musibah.

Secara umum, konotasi fitnah dalam agama adalah segala ucapan atau perbuatan yang melemahkan seseorang atau bahkan menjauhkan dirinya dari ibadah atau mengamalkan islam.

Dilansir dari Republika.co.id, diriwayatkan dari abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, Kelak akan datang suatu fitnah yang membuat bisu, tuli, dan buta. Barang siapa yang mendekatinya akan terjerumus ke dalamnya. (Sunan Abu Daud juz IV hal 165).

Ada dua macam fitnah yang dihadapi setiap Muslim. Pertama, fitnah yang ditimbulkan akibat syubuhat (keraguan), seperti aliran sesat dan pemikiran yang bisa menjauhkan kita dari jalan Allah. Kedua, fitnah akibat syahwat, seperti fitnah dunia, harta, wanita, dan takhta.

Rasulullah SAW menggambarkan, Akan datang pada manusia suatu masa di mana orang berpegang teguh pada agamanya bagaikan orang yang memegang bara api. (HR At Tirmidzi). Kalau bara dipegang terus, akan terasa menyakitkan. Tapi, kalau dilepas, berarti akan murtad.

Ada empat kelompok yang bisa menjerumuskan kita ke dalam fitnah.

Pertama, setan. Allah melukiskan godaan setan sebagai berikut, Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka dan akan membangkitkan angan-angan kosong kepada mereka. (QS an-Nisa [4]: 9).

Dalam hadis qudsi, Allah berfirman, Sesungguhnya Aku ciptakan manusia berperilaku lurus, kemudian digoda setan sehingga mengeluarkan mereka dari agama. (lihat Musykilul Atsar karangan Ath Thohawi Juz VIII hal 364).

Di antara fitnah setan, yaitu menghiasi kebatilan, saat seorang wanita keluar, setan mengikutinya dan menghiasinya kepada manusia agar terdorong untuk mendekatinya dan menggodanya sehingga terjadi kemaksiatan.

Kedua, orang-orang kafir. Mereka berusaha menebarkan berbagai keraguan terhadap Islam dan menggalakkan syahwat untuk menjerumuskan setiap Mukmin ke dalam neraka.

Oleh sebab itulah, kita disuruh berdoa, Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. (QS al-Mumtahanah [60]: 5).

Ketiga, manusia itu sendiri bisa menjerumuskan dirinya ke dalam hal yang menimbulkan fitnah, seperti berada di tempat maksiat, berdekatan dengan orang yang dikenal ahli bidah, atau lainnya. Dalam diri kita terdapat penyakit, tapi juga ada obat di dalamnya.

Bahkan, manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri. ( QS al-Qiyamah [75]: 4). Maka tatkala mereka berpaling (dari kebenaran), Allah memalingkan hati mereka (QS ash-Shaff [61]: 5).

Keempat, dunia. Demi dunia seseorang berani korupsi, durhaka kepada orang tua, memutuskan silaturahmi, dan sebagainya.

Bahaya Fitnah

Allah SWT berfirman yang artinya;

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.(Q. S.Al Hujurat: 6).

Apapun yang kita dengar dari orang lain, segala ucapan itu kita terima dengan telinga, bukan dengan lidah (ucapan). Berita-berita itu menyebar luas dari telinga ke telinga seolah keluar dari mulut ke mulut. Hati adalah yang menentukan apakah semua berita yang didengar itu adalah benar atau salah. Allah SWT berfirman yang artinya;

Kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar(Q. S. An Nur : 15).

Selanjutnya, firman Allah SWT mengenai pertanggungjawaban panca indera kita di akhirat;

Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena lanat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka adzab yang besar, pada hari (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. Pada hari itu, Allah akan memberi mereka balasan yang setimpal menurut semestinya, dan tahulah mereka, bahwa Allah-lah Yang Benar, lagi Yang menjelaskan (segala sesuatu menurut hakikat yang sebenarnya).(Q. S. An Nur : 23-25).

Fitnah itu hukumnya sangat berat, lebih berat daripada ketidaktaatan atau dosa besar. (C)

Penulis: Haerani Hambali