Loading...
Loading…
Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 172 Mengajarkan Bersyukur sebagai Ibadah

Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 172 Mengajarkan Bersyukur sebagai Ibadah

Powered by okezone
Muslim | Okezone | Minggu, 15 Mei 2022 - 02:02

SURAT Al Baqarah Ayat 172 mengajarkan kepada umat manusia bagaimana bersyukur menjadi sebuah ibadah. Bunyi firman Allah Subhanahu wa ta'ala terkait hal tersebut yaitu:

"Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah." (QS Al Baqarah: 172)

Dari ayat di atas menggambarkan bagaimana ketika kita bersyukur sama dengan kita melaksanakan perintah dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebaliknya, apabila kita tidak bersyukur diibaratkan kita tengah membangkang atas perintah Allah.

Menurut Syekh Abdurrahman bin Nashir As-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H 172 dalam Tafsir As-Sa'di ayat tersebut berisi perintah secara khusus untuk kaum muslim dan manusia pada umumnya untuk senantiasa bersyukur.

Adapun manfaat dari perintah-perintah Allah yakni memakan rizki dari Allah, memanfaatkan nikmat-nikmat Allah untuk menggunakannya dalam ketaatan kepada Allah dan taqwa dengan nikmat nikmat tersebut yang dapat menyampaikan kepada hakikat syukur.

Maka Allah memerintahkan kepada mereka apa yang diperintahkan kepada para Nabi dalam Firman-Nya: "Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS Al Muminun: 51)

Baca Juga :
Pahala Beriman kepada Allah

Dalam ayat ini juga, Allah ingin mengingatkan bahwa memakan hal-hal yang baik adalah penyebab amal sholeh dan diterimanya amal tersebut. Mengapa kita diperintahkan untuk bersyukur?

Karena dengan bersyukur akan memelihara kenikmatan yang ada tersebut, dan akan memunculkan kenikmatan-kenikmatan yang sebelumnya tidak ada, sebagaimana sikap kufur nikmat akan menjauhkan kenikmatan yang tidak ada dan menghilangkan kenikmatan yang telah ada.

Original Source

Topik Menarik

{