Ini Cara Cek Arah Kiblat saat Matahari Tepat di Atas Kakbah pada 27-28 Mei

Ini Cara Cek Arah Kiblat saat Matahari Tepat di Atas Kakbah pada 27-28 Mei

Muslim | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 12:12
share

KETAHUI cara mengecek arah kiblat saat matahari tepat di atas Kakbah pada 2728 Mei 2022. Momentum ini bisa digunakan oleh kaum Muslimin dunia untuk memverifikasi kembali arah kiblat sholatnya.

Caranya adalah sesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat, yaitu:

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau gunakan lot/bandul.

2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata.

3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kementerian Agama Republik Indonesia Adib menjelaskan bahwa berdasarkan data astronomi pada Jumat dan Sabtu, 2728 Mei 2022, matahari akan melintas tepat di atas Kakbah.

"Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA. Saat itu bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kakbah," terang Adib, Rabu 11 Mei 2022, seperti dilansir kemenag.go.id .

Dia menerangkan, peristiwa ini dikenal dengan nama Istiwa A\'zham atau Rashdul Qiblah, yaitu waktu matahari di atas Kakbah di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Allahu a\'lam bisshawab .