Surat Al Kahfi Sunah Dibaca Setiap Jumat, Ini 4 Keutamaannya yang Luar Biasa Besar!

Surat Al Kahfi Sunah Dibaca Setiap Jumat, Ini 4 Keutamaannya yang Luar Biasa Besar!

Muslim | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 11:11
share

SURAT Al Kahfi disunahkan selalu dibaca setiap malam Jumat hingga batasnya hari Jumat sore. Ada keutamaan sangat besar di baliknya. Maka itu, kaum Muslimin disarankan jangan sampai melewatkannya.

Diketahui bahwa Al Kahfi merupakan surat ke-18 di dalam Alquran. Kemudian memiliki arti "Para Penghuni Gua" dan berisi 110 ayat. Surat Al Kahfi termasuk Golongan Makkiyyah atau turun di Kota Makkah.

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi setiap malam Jumat hingga hari Jumat sore dijelaskan dalam sejumlah dalil sahih. Berikut beberapa di antaranya, seperti dilansir Muslim.or.id .

1. Disinari cahaya antara pembacanya dan Kakbah

Dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami, 6471)

2. Disinari cahaya di antara dua Jumat

Kemudian dalam hadis riwayat Imam Al Hakim dan Imam Al Baihaqi, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami 6470)

3. Dilindungi dari fitnah Dajjal

Kemudian dalam hadis riwayat Imam Muslim dan Imam Abu Daud, dari Abu Darda Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Dalam riwayat lain disebutkan, "Dari akhir Surah Al Kahfi." (HR Muslim Nomor 809)