Surat Al Kahfi Lengkap 110 Ayat, Dibaca Setiap Jumat Buka di Alquran Digital Okezone

Surat Al Kahfi Lengkap 110 Ayat, Dibaca Setiap Jumat Buka di Alquran Digital Okezone

Muslim | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 04:04
share

SURAT Al Kahfi jangan lupa dibaca mulai malam Jumat hingga batasnya hari Jumat sore. Terdiri dari 110 ayat, lengkap terdapat di Alquran Digital Okezone . Allah Subhanahu wa ta\'ala akan memberikan keberkahan sangat besar bagi hamba-Nya yang membacanya.

Surat Al Kahfi berada di urutan ke-18 dalam Alquran. Berisi 110 ayat, Surat Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua" dan termasuk golongan Makkiyyah atau turun di Kota Makkah, Arab Saudi.

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi sangat luar biasa besar. Bagi mereka yang membacanya di rentang waktu malam Jumat hingga hari Jumat sore keesokannya bakal mendapat cahaya keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta\'ala.

Dikutip dari laman Rumaysho , dijelaskan dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami, 6471)

Lalu dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami 6470)

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa saking kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta\'ala, orang yang membaca Surah Al Kahfi akan dilindungi dari fitnah Dajjal.

Berdasarkan riwayat dari Abu Darda Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

Artinya: "Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)