Surat Al Baqarah Ayat 45: Sabar dan Sholat Jadi Penolong di Akhirat Kelak

Surat Al Baqarah Ayat 45: Sabar dan Sholat Jadi Penolong di Akhirat Kelak

Muslim | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 01:13
share

SURAT Al Baqarah Ayat 45 memiliki makna yang dalam bagi seluruh umat Islam. Di dalam ayat ini dijelaskan mengenai penolong manusia kelak di akhirat. Maka itu, simak artikel kali ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Surat Al Baqarah memiliki arti Sapi Betina. Hal ini dikarenakan kisah yang ada pada surat ini menceritakan tentang kaum Bani Israil yang diminta Allah Subhanahu wa ta\'ala untuk menyembeli sapi betina. Surat dengan golongan Madaniyah ini memiliki 286 ayat.

Nah, berikut Okezone jelaskan mengenai isi dan penjelasan Surat Al Baqarah Ayat 45:

Artinya: "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu\'." (QS Al Baqarah: 45)

Ayat tersebut menerangkan mengenai keutamaan sholat dan juga sabar yang dapat menjadi penolong, meskipun dalam menjalankannya tidak mudah.

Berikut tafsir dari Al Baqarah Ayat 45 menurut Kementerian Agama Republik Indonesia:

Dan mohonlah pertolongan kepada Allah dengan penuh sabar, dengan memelihara keteguhan hati dan menjaga ketabahan, serta menahan diri dari godaan dalam menghadapi hal-hal yang berat, dan juga dengan melaksanakan salat. Dan salat itu sungguh amat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk dan tunduk hatinya kepada Allah. Mereka adalah orang-orang yang yakin bahwa mereka akan menemui tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.