Loading...
Loading…
Asal-usul Malam Lailatul Qadar

Asal-usul Malam Lailatul Qadar

Muslim | okezone | Senin, 09 Mei 2022 - 02:12

ALLAH Subhanahu wa ta'ala menjelaskan mengenai Lailatul Qadar dalam QS. Al-Qadr/97: 1-5. Allah Ta'ala menjelaskan bahwa pada malam Lailatu Qadar, Allah Ta'ala menurunkan kitab suci al-Quran. Allah Ta'ala berfirman:

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.

Kemudian, Allah Subhanahu wa ta'ala menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Jika dikonversikan ke dalam hitungan tahun, maka itu berarti sekitar 83 tahun. Allah swt berfirman:

Artinya: Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

Lebih lanjut, pada malam Lailatul Qadar, Allah swt menurunkan para malaikat-Nya guna mengurus segala urusan. Pada malam itu, seluruh makhluk Allah swt akan merasakan kesejahteraan hingga waktu fajar tiba. Allah swt berfirman:

Artinya: Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Keterangan Mengenai Asal-usul Malam Lailatul Qadar

Ayat yang menjelaskan secara gamblang mengenai Lailatul Qadar adalah QS. Al-Qadr/97: 1-5. Mengenai sebab turunnya ayat-ayat ini (asbab al-nuzul) mufasir kenamaan, yakni Ibnu Katsir, mengungkapkan sebuah riwayat menarik.

Baca Juga :
Mereka yang Pasti Mendapatkan Lailatul Qadar Menurut Syaikh Al-Utsaimin

Berdasarkan penuturan Ibn Katsir dalam kitab tafsirnya, Tafsir al-Quran al-Adzim, dulu, Nabi Muhammad saw pernah menceritakan sebuah kisah umat masa lalu, yakni umat Bani Israil.

Original Source

Topik Menarik

{
{