Benarkah Ada Anjuran Menikah Bulan Syawal?

Benarkah Ada Anjuran Menikah Bulan Syawal?

Muslim | okezone | Sabtu, 7 Mei 2022 - 06:06
share

BENARKAH ada anjuran menikah di bulan Syawal? Ternyata pertanyaan ini dilontarkan banyak orang. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bagi kaum Muslimin yang sudah dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa ta\'ala untuk segera menikah, maka di bulan Syawal inilah yang tepat untuk mewujudkannya. Adapun dalil sunah menikah di bulan Syawal adalah:

Aisyah Radhiyallahu anha istri Nabi Shallallahu alaihi wasallam menceritakan:

: (( ))

"Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan Syawal pula. Maka istri-istri Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?" (Perawi) berkata, "Aisyah Radiyallahu anha dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal." (HR Muslim)

Ustadz dr Raehanul Bahraen menjelaskan, alasan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menikahi Aisyah pada bulan Syawal adalah untuk menepis anggapan bahwa menikah di bulan Syawal merupakan kesialan dan tidak membawa berkah.

Ini adalah keyakinan dan akidah kaum Arab jahiliyah. Hal tersebut tidaklah benar, sebab yang menentukan beruntung atau rugi hanya Allah Subhanahu wa ta\'ala.

"Bulan Syawal dianggap bulan sial menikah karena anggapan di bulan Syawal unta betina yang mengangkat ekornya (syaalat bidzanabiha). Ini adalah tanda unta betina tidak mau dan enggan untuk menikah, sebagai tanda juga menolak unta jantan yang mendekat. Maka para wanita juga menolak untuk dinikahi dan para walipun enggan menikahkan putri mereka. Ini ada anggapan yang salah," jelas Ustadz dr Raehanul Bahraen dalam laman Muslimah.or.id .

Imam Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, "Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menikahi Aisyah untuk membantah keyakinan yang salah sebagian masyarakat yaitu tidak suka menikah di antara dua Ied (bulan Syawal termasuk di antara Ied Fitri dan Idul Adha), mereka khawatir akan terjadi perceraian. Keyakinan ini tidaklah benar." (Al Bidayah wan Nihayah, 3/253)

Imam An-Nawawi rahimahullah juga menjelaskan, "Di dalam hadis ini terdapat anjuran untuk menikahkan, menikah, dan membangun rumah tangga pada bulan Syawal. Para ulama kami (ulama syafiiyyah) telah menegaskan anjuran tersebut dan berdalil dengan hadis ini. Dan Aisyah Radhiyallahu anha ketika menceritakan hal ini bermaksud membantah apa yang diyakini masyarakat jahiliyyah dahulu dan anggapan takhayul sebagian orang awam pada masa kini yang menyatakan kemakruhan menikah, menikahkan, dan membangun rumah tangga di bulan Syawal. Dan ini adalah batil, tidak ada dasarnya. Ini termasuk peninggalan jahiliyyah yang ber-tathayyur (menganggap sial) hal itu, dikarenakan penamaan Syawal dari kata al-isyalah dan ar-rafu (menghilangkan/mengangkat)." (yang bermakna ketidakberuntungan menurut mereka)." (Syarh Shahih Muslim 9/209)