7 Keutamaan Malam Nuzulul Quran di Bulan Ramadan yang Penuh Berkah

7 Keutamaan Malam Nuzulul Quran di Bulan Ramadan yang Penuh Berkah

Muslim | okezone | Senin, 18 April 2022 - 16:16
share

KEUTAMAAN malam Nuzulul Quran di bulan Ramadan hendaknya dipahami secara jelas oleh setiap Muslim. Diketahui bahwa dalam Surat Al Qadar, disebutkan bahwa Allah Subhanahu wa ta\'ala menurunkan kitab Alquran pada malam Lailatul Qadar.

Allah Subhanahu wa taala berfirman:

(1) (2) (3) (4) (5)

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS Al Qadr: 15)

Keutamaan Malam Nuzulul Quran:

1. Malam diturunkannya Alquran

Dikutip dari Muslim.or.id , dalam Surat Al Qadar disebutkan bahwa Allah Subhanahu wa ta\'ala menurunkan Alquran pada malam Lailatul Qadar. Malam ini adalah waktu yang sangat diberkahi sebagaimana disebutkan dalam ayat lain:

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi." (QS Ad-Dukhon: 3)

Malam yang diberkahi yang dimaksud di sini adalah Lailatul Qadar yang terdapat di bulan Ramadhan.

2. Malam lebih baik dari 1.000 bulan

Malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1.000 bulan. An-Nakho\'i mengatakan, "Amalan di Lailatul Qadar lebih baik dari amalan di 1.000 bulan."

Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari 1.000 bulan adalah sholat. Amalan pada Lailatul Qadar lebih baik dari sholat dan puasa di 1.000 bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar.

Malam diberkahi yang dimaksud di sini adalah Lailatul Qadar yang terdapat di bulan Ramadan. Sebab, Alquran itu diturunkan di bulan Ramadan seperti disebut dalam ayat:

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran." (QS Al Baqarah: 185)

Syaikh As-Sa\'di rahimahullah berkata, "Allah itu menjadikan permulaan turunnya Alquran adalah di bulan Ramadan di malam Lailatul Qadar." (Taisir Al Karimir Rahman, halaman 931)

3. Malaikat-malaikat turun ke bumi

Pada malam Lailatul Qadar turunnya Alquran tersebut, Malaikat Jibril dan malaikat lainnya turun ke bumi. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta\'ala:

Artinya: "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan." (QS Al Qadar: 4)