Niat Puasa Ramadan untuk Harian dan Sebulan Penuh

Niat Puasa Ramadan untuk Harian dan Sebulan Penuh

Muslim | okezone | Senin, 4 April 2022 - 02:00
share

JAKARTA - Niat Puasa Ramadhan hukumnya wajib. Tanpa niat maka amalan puasa menjadi tak bermakna, sia-sia saja. Ada dua pilihan niat Puasa Ramadhan, yakni sekali untuk sebulan Ramadhan, ada juga niat setiap hari.

Perihal ini Syekh Taqiyyuddin Abu Bakar bin Muhammad Al-Hishni dalam Kifayatul Akhyar menerangkan;

. , , , . , .

Artinya, Puasa tidak sah tanpa niat. Keharusan niat didasarkan pada hadits. Tempat niat itu di hati. Karenanya, niat tidak disyaratkan secara lisan. Ketentuan ini disepakati bulat ulama tanpa perbedaan pendapat. Niat puasa wajib dipasang setiap malam. Karena, puasa dari hari ke hari sepanjang Ramadan merupakan ibadah terpisah. Coba perhatikan, bukankan puasa Ramadan sebulan tidak menjadi rusak hanya karena batal sehari? Kalau ada seseorang memasang niat puasa sebulan penuh di awal Ramadan, maka puasanya hanya sah di hari pertama. Demikian pendapat ini madzhab (Madzhab Syafii), (Lihat Taqiyuddin Abu Bakar Al-Hishni, Kifayatul Akhyar).

Adapun niat puasa sekaligus sebulan penuh di awal Ramadan adalah pendapat dari Madzhab Hanafi. Menurut Madzhab Hanafi, puasa seseorang dengan niat sebulan penuh di awal Ramadan dinilai sah meskipun dia tidak menetapkan niat puasa setiap malam.

"Niat puasa sebulan penuh boleh karena kewajiban puasa memang 1 bulan penuh, tetapi ulama Madzhab Syafi\'e mengisyaratkan kita agar tetap berniat setiap hari. Saat seseorang lupa niat maka segera mungkin berniatlah saat dia ingat atau sadar," ujar Ustadz Fauzan Amin, Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia kepada Okezone, belum lama ini.