Perkembangan Islam di Rusia: Muslim Terus Bertambah hingga Adanya Kerajaan Islam Tertua

Perkembangan Islam di Rusia: Muslim Terus Bertambah hingga Adanya Kerajaan Islam Tertua

Muslim | okezone | Rabu, 23 Maret 2022 - 16:58
share

PERANG Rusia dan Ukraina telah meletus. Rusia benar-benar menyerang sejumlah kota di Ukraina. Hal ini menimbulkan citra betapa kejamnya perlakuan Rusia terhadap Ukraina. Namun di balik operasi militer yang dilakukan Rusia ke Ukraina, ada fakta mengejutkan berkaitan dengan peradaban Islam di Rusia.

Lantas, seperti apa jejak Islam di Rusia? Benarkah ada pesantren dan republik mayoritas Islam di Rusia? Apakah ini pertanda negara yang disebut-sebut komunis itu menuju Islam?

Islam telah menjadi agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen Ortodoks. Jumlah kaum Muslimin yang menetap di negara beruang merah tersebut diperkirakan mencapai 25 juta dari total penduduk 145 juta orang.

Dari 182 etnis yang tersebar di Rusia, 57 etnis memeluk agama Islam. Populasi umat Islam di Rusia mulai memainkan peranan penting dalam berbagai bidang. Geliat keislaman di Rusia menunjukkan tanda-tanda yang amat menggembirakan. Sebab, organisasi keagamaan di Rusia terbilang cukup aktif.

Berkembangnya jumlah umat Islam yang meningkatkan peran mereka di Rusia saat ini tentu tidak terlepas dari sejarah masa lalu. Islam memang sudah mulai bersemi dan berkembang di Rusia sejak abad ke-7 Masehi. Di negara bekas Uni Soviet ini pernah berdiri sejumlah dinasti atau kerajaan Islam.

Dinasti Islam tertua di wilayah Rusia adalah Volga Bulgaria. Ini adalah sebuah negara pra-bangsa Bulgaria Muslim yang bersejarah. Negara Islam tersebut berdiri dari abad ke-7 hingga abad ke-13 Masehi. Salah satu kerajaan Islam yang paling lama berkuasa di Rusia adalah Khanate Crimea.