Tips dari Nabi agar Sholat Tidak Mengkhayal, Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah

Tips dari Nabi agar Sholat Tidak Mengkhayal, Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah

Muslim | okezone | Selasa, 15 Februari 2022 - 17:01
share

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan tidak bisa dimungkiri terkadang saat menunaikan ibadah sholat pikiran tidak fokus alias mengkhayal entah ke mana. Alhasil, sholat pun jauh dari khusyuk.

Manusia tidak ada yang pernah tahu kapan maut akan menjemput, kecuali hanya Allah Subahanahu wa ta\'ala. Untuk itu sudah sepatutnya manusia melaksanakan sholat dengan baik guna menjadi bekal di akhirat kelak. Hal ini pun sudah pernah diutarakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam kepada para sahabat.

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam seringkali berujar kepada sahabat-sahabat sebelum menjalani ibadah sholat. Nabi tidak pernah henti-hentinya mengimbau agar melaksanakan sholat dengan khusyuk, seolah itu sholat terakhir yang dikerjaan dalam hidup.

"Sholatlah kalian dan anggap ini adalah sholat terakhir kalian, sholat perpisahan kalian, anggap setelah salam kita akan mati," ujar Ustad Khalid Basalamah mengulangi sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, dikutip dari kanal YouTube Ilmu Mekkah dan Madinah, Selasa (15/2/2022).

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, jika saja seseorang divonis memiliki usia yang tinggal menghitung hari, pastilah orang itu akan sangat memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Termasuk dalam hal ibadah.

Padahal, ajal manusia sudah ditetapkan oleh Allah Subhanahu wa ta\'ala. Tidak perlu menunggu sampai menderita penyakit berat untuk bisa beribadah dengan khusyuk.