Biografi Imam At-Tirmidzi: Sejak Muda Berkeliling Negara Menuntut Ilmu hingga Jadi Ahli Hadis

Biografi Imam At-Tirmidzi: Sejak Muda Berkeliling Negara Menuntut Ilmu hingga Jadi Ahli Hadis

Muslim | okezone | Senin, 31 Januari 2022 - 13:02
share

BIOGRAFI Imam At-Tirmidzi hendaknya diketahui setiap Muslim. Pasalnya, beliau ulama besar ahli hadis yang menjadi rujukan umat Islam. Imam Tirmidzi rahimahullahu taala memiliki kitab hadis yang terkenal yaitu "Al-Jami" atau Sunan At-Tirmidzi.

Dikutip dari laman Muslim.or.id , Senin (31/1/2022), Imam At-Tirmidzi memiliki nama lengkap Muhammad bin Isa bin Saurah bin Musa As-Sulami At-Tirmidzi. Beliau memiliki nama kunyah Abu Isa.

Imam ahli hadis ini dilahirkan pada tahun 209 Hijriah di sebuah daerah bernama Tirmidz. Nama beliau tersebut dinisbatkan kepada sebuah sungai yang ada di daerah tersebut yang sering dikenal dengan nama Jaihun.

Para ulama berbeda pendapat akan kebutaan yang beliau alami pada waktu itu. Ada yang mengatakan bahwa Imam At-Tirmidzi mengalami kebutaan sejak lahir. Akan tetapi yang benar adalah beliau mengalami kebutaan pada masa tua, yaitu setelah banyak melakukan perjalanan menuntut ilmu.

Perjalanan Imam Tirmidzi Menuntut Ilmu

Imam Tirmidzi memulai jihad dengan belajar agama sejak masih muda. Beliau mengambil ilmu dari para syekh yang ada di negaranya.

Kemudian Imam Tirmidzi memulai melakukan perjalanan menuntut ilmu ke berbagai negara yang ada di muka bumi ini. Perjalanan itu hanya ditujukan untuk menimba ilmu agama. Beberapa daerah yang pernah didatangi adalah Khurasan, Irak, Madinah, dan Makkah.

Guru Imam Tirmidzi

Bagi seorang penuntut ilmu, tidak bisa hanya mencukupkan diri dengan membaca buku-buku dalam rangka menimba ilmu agama. Karena jika hal tersebut dilakukan, maka kesalahanlah yang akan banyak didapat dibanding kebenaran. Oleh karena itu, para penuntut ilmu sangat membutuhkan kehadiran guru dalam perjalanannya menuntut ilmu.

Begitu pula apa yang telah dilakukan oleh Imam Tirmidzi. Berbagai negara telah beliau singgahi, sehingga banyak menimba ilmu dari para guru. Di antaranya adalah:

1. Ishaq bin Rahawaih yang merupakan guru pertama bagi Imam Tirmidzi.

2. Imam Bukhari. Imamnya para ahli hadis ini adalah termasuk salah satu imam besar yang mana Imam Tirmidzi mengambil ilmu darinya. Beliau adalah guru yang paling berpengaruh bagi Imam Tirmidzi. Dari beliaulah Imam Tirmidzi mengambil ilmu ilalul hadits.

3. Imam Muslim. Beliau dan Imam Bukhari adalah dua imam ahli hadis terkenal yang ada di muka bumi ini. Kitab hadis karya mereka berdua adalah kitab yang paling benar setelah Alquran.

4. Imam Abu Dawud.

5. Qutaibah bin Said.

Masih banyak lagi guru yang lainnya dari Imam Tirmidzi rahimahullahu taala.