Loading...
Loading…
Aa Gym Ungkap 4 Ciri Orang yang Tidak Tersentuh Api Neraka, Apa Saja?

Aa Gym Ungkap 4 Ciri Orang yang Tidak Tersentuh Api Neraka, Apa Saja?

Muslim | okezone | Selasa, 11 Januari 2022 - 20:20

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengatakan ada orang-orang yang insya Allah bisa terhindar dari siksa api neraka. Dalam sebuah hadit yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban serta dishahihkan oleh Syekh Al Albani, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menyebutkan empat golongan orang yang haram tersentuh api neraka. Mereka adalah golongan orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, dan Sahl.

"Jadi ada empat ciri khas orang yang tidak akan tersentuh api neraka," kata Aa Gym, seperti dikutip dari kanal YouTube Aa Gym Daily Vlog, Selasa (11/1/2022).

1. Hayyin

Aa Gym menerangkan, Hayyin adalah orang yang memiliki ketenangan lahir dan batin. Kehadiran orang seperti ini sangat menenangkan, teduh, meneduhkan dan tidak temperamental.

"Dari mana semua ini? Mengapa bisa begini? Kata kuncinya adalah dari hati," sambungnya.

Aa Gym mengatakan bahwa hati akan tenteram jika senantiasa mengingat Allah Subhanahu wa ta\'ala. Tidak sekadar mengingat, namun juga yakin bahwa Allah Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Dekat, Maha Menguasai Segalanya, dan Maha Menentukan.

"Hayyin lahir dari ketauhidan. Makin bagus tauhid seseorang, maka akan makin tenang," jelas Aa Gym.

Allah Subhanahu wa ta\'ala berfirman dalam Alquran Surat Ar-Rad Ayat 28:

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Original Source