Muslim Inggris Raya Percepat Wakaf untuk Masjid Indonesia di London

Muslim | sindonews | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 19:39
Muslim Inggris Raya Percepat Wakaf untuk Masjid Indonesia di London

JAKARTA - Komunitas muslim Indonesia di Inggris Raya mendukung penuh wakaf untuk masjid Indonesia pertama di London . Program ini disiapkan untuk mempercepat pendirian masjid Indonesia, yang rencananya berdiri tidak jauh dari stadion sepak bola Wembley, London.

Untuk mempercepat program ini, komunitas muslim menggerakkan wakaf mozaik, Minggu (9/01/2022). Agenda ini diselenggarakan bersama oleh KBRI London, IIC London, PCINU United Kingdom, KIBAR, Muslimat United Kingdom, PCI Muhammadiyah UK, juga bersama masyarakat lain di Inggris Raya.

Hadir pada agenda ini, Duta Besar Indonesia di London Desra Percaya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan juga penceramah Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Hadir pula dalam agenda ini, Ketua IIC Memet Purnama Hasan, Ketua KIBAR UK Rudatin, Ketua PCINU United Kingdom Shandy Adiguna, Ketua Muhammadiyah UK Miftahul Ulum, mantan Ketua PPI UK Gatot Subroto, juga panitia pembangunan masjid Eko Kurniawan.

Desra Percaya mengungkapkan bahwa masjid Indonesia di London ini, selain sebagai tempat ibadah, juga untuk meningkatkan relasi yang baik antara Indonesia dan Inggris Raya.

"Masjid ini juga akan mendukung peningkatan hubungan yang baik, tidak hanya masyarakat Indonesia setempat, tapi juga masyarakat setempat, khususnya di bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial. Serta terus mempromosikan toleransi, serta saling menghormati, antarumat beragama, menunjukkan wajah Islam yang betul-betul rahmatan lil-alamin. Serta membangun citra baik Indonesia, di mata internasional," katanya.

Desra menambahkan, wakaf mozaik ini merupakan ikhtiar bersama untuk pembangunan masjid Indonesia di London. "Bulan Desember lalu, kita bersama-sama menyelenggarakan program wakaf gotong royong, terima kasih Mas Shandy Adiguna (PCINU UK) dan masyarakat lainnya. Serta sudah terkumpul lebih dari 13.000 penyumbang, dari Inggris Raya, Indonesia maupun belahan bumi lainnya," katanya.

Sandiaga Uno mendukung penuh pendirian masjid ini. "Ada sebuah kebanggaan jika warga Indonesia menginisiasi masjid ini. Niat baik tentu harus didukung. Kita akan mendukung masjid Indonesia di London dan Britania Raya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mendukung agar masjid Indonesia di London ini juga menjadi bagian untuk etalase wisata halal Indonesia, bagi publik dunia.

Sementara, Ustadz Abdullah Gymnastiar (AA Gym) mengungkapkan bahwa program wakaf merupakan jalan kecerdasan bagi muslim Indonesia. "Siapakah muslim yang paling cerdas? Rasulullah menjelaskan bahwa muslim yang paling cerdas itu yang banyak mengingat kematian dan paling bagus persiapannya menghadapi kematian," katanya.

Aa Gym menambahkan bahwa jalan terbaik adalah mereka yang mempersiapkan bekal terbaik menuju kematian. "Jadi yang penting dalam hidup kita ini, kita mempersiapkan yang terbaik, yang bisa menjadi bekal dalam hidup kita yang langgeng nanti," katanya.

Artikel Asli