Dai Muda: Alasan Allah Ta`ala Memberikan Musibah kepada Hamba-Nya

Muslim | okezone | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 12:50
Dai Muda: Alasan Allah Ta`ala Memberikan Musibah kepada Hamba-Nya

MANUSIA tentu tidak akan lepas dari musibah. Sebaik-baiknya manusia hidup, pasti juga merasakan ujian dan cobaan dalam hidup. Namun, datangnya musibah memberikan pelajaran hidup agar manusia dapat jauh lebih baik lagi ke depannya.

Dalam episode kali ini, program tausiyah RCTI+ Dai Muda mengupas tentang alasan Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan musibah kepada hamba-Nya bersama dua ustadz muda Hafidzul Ahkam dan Azmi Askandar dalam tema yang bertajuk "Muhasabah di Balik Musibah". Penasaran?

Dai muda Ustadz Hafidzul Ahkam dan Azmi Askandar. (Foto: RCTI Plus)

Ustadz muda Hafidzul Ahkam menyampaikan terdapat beberapa alasan Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan musibah kepada hamba-Nya. Pertama adalah karena untuk menguji hamba-Nya; kedua, Allah sayang dengan hamba-Nya; dan ketiga, Allah ingin menaikkan derajat hamba-Nya.

"Yang pertama semata-mata menguji. Apakah ketika diturunkan musibah, dia makin dekat atau makin jauh? Yang kedua ketika Allah memberikan musibah kepada kita artinya Allah sayang sama kita. Ketika Allah mencintai hamba-Nya, Allah akan memberikan musibah kepadanya. Yang nomor tiga, Allah menurunkan musibah kepada kita agar kita itu naik derajat, naik pangkat dengan kesabaran yang kita punya. Karena enggak mungkin Allah Subhanahu wa ta'ala mau mengangkat derajat manusia tanpa sebuah ujian," ungkap Ustadz Ahkam.

Ternyata, Allah Subhanahu wa ta'ala tidak semata-mata menurunkan musibah tanpa adanya alasan. Musibah tersebut datang karena Allah sayang kepada hamba-Nya sekaligus ingin menguji dan juga menaikkan derajat setiap orang yang beriman kepada-Nya.

Saksikan lebih lanjut program Dai Muda dalam episode yang bertajuk "Muhasabah di Balik Musibah" bersama dua Ustadz Hafidzul Ahkam dan Azmi Askandar eksklusif di RCTI+.

Artikel Asli