Dua Amal Sederhana dan Paling Utama di Sisi Allah Ta`ala, Miliki Pahala Besar

Muslim | okezone | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 11:47
Dua Amal Sederhana dan Paling Utama di Sisi Allah Ta`ala, Miliki Pahala Besar

DUA amal sederhana dan paling utama di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala hendaknya jadi fokus ibadah kaum Muslimin. Ini bisa dijadikan ladang meraih banyak amal salih untuk bekal di akhirat kelak.

Sebagaimana dikutip dari laman nu.or.id , Kamis (6/1/2022), Alquran memerintahkan umat Islam selalu berpegang pada perintah Allah Subhanahu wa ta'ala dan menjalin silaturahmi terhadap sesama umat manusia. Alquran meminta Muslimin tidak bercerai-berai. Perintah ini bukan hal main-main. Perintah Alquran tersebut menjadi perintah luar biasa.

1. Beriman kepada Allah Ta'ala

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengatakan bahwa keimanan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan kebaikan kepada orang lain menjadi kunci ibadah secara keseluruhan. Keduanya merupakan amalan utama dan dapat mendatangkan ridha Allah Ta'ala.

Artinya: "Dua hal di mana tidak ada yang lebih utama dari keduanya, yaitu beriman kepada Allah dan bermanfaat kepada umat Islam." (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nashaihul Ibad, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah: tanpa tahun], halaman 4)

Oleh karena itu, niat seseorang di pagi hari bahkan juga sangat penting. Niat pagi-pagi seseorang mendapatkan penilaian istimewa dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Dalam hadis berikut ini, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjelaskan ganjaran bagi mereka yang tidak memiliki niat berbuat zalim dan mereka yang berniat membela orang yang terzalimi.

Artinya: "Siapa saja berpagi hari tanpa berniat zalim, niscaya diampuni baginya dosa yang telah dikerjakan. Siapa saja yang berpagi hari dengan berniat membela orang terzalimi dan memenuhi hajat umat Islam, niscaya ia beroleh pahala sebesar pahala haji mabrur." (Lihat Syekh Nawawi Banten, Nashaihul Ibad: 4)

Artikel Asli