Kemenag Minta Dai Kenali Karakter Umat dan Kuasai Peta Dakwah, Ini Manfaatnya

Muslim | okezone | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 11:29
Kemenag Minta Dai Kenali Karakter Umat dan Kuasai Peta Dakwah, Ini Manfaatnya

SEKRETARIS Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Fuad Nasar mengatakan setiap dai, mubalig, dan penceramah harus mengenali karakter umat tempatnya berdakwah. Kemudian menguasai peta jalan dakwah di setiap daerah.

Menurut Fuad, hal ini dilakukan agar tidak ada lagi penceramah yang menyampaikan dakwah secara provokatif dan agitatif. Sebab, seorang dai dalam berdakwah harus mampu terlebih dahulu mengenali karakteristik umat yang akan menerima materi dakwahnya.

"Karena setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan terpenting menguasai peta jalan dakwah," ujar dia dalam keterangan yang diterima MNC Portal , Kamis (6/1/2022).

Ia menilai pendakwah selain menguasai dan memperdalam ilmu agama, juga harus memiliki ilmu komunikasi yang baik, serta memahami pengetahuan kemasyarakatan yang memadai.

Fuad menambahkan, hendaknya ketika akan berdakwah para pendakwah menyesuaikan dengan tingkat kemajuan berpikir serta nalar masyarakat.

"Dalam menyampaikan konten dakwah, pendakwah harus menguasai ilmu komunikasi yang baik agar materi yang disampaikan tepat sasaran dan meminimalisir terjadinya bias dalam komunikasi dakwah," jelasnya.

Artikel Asli