Abu Nawas Sengaja Membelakangi Raja, Kok Semua Malah Tertawa Terpingkal-pingkal

Muslim | okezone | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 06:06
Abu Nawas Sengaja Membelakangi Raja, Kok Semua Malah Tertawa Terpingkal-pingkal

HUMOR Abu Nawas memang tidak pernah habis untuk diikuti. Kali ini kisah lucu Abu Nawas yang berhasil memantati Raja. Ini merupakan salah satu cerita yang populer di antara beberapa kecerdikan lainnya dari Abu Nawas.

Sebenarnya kisah tersebut menjelaskan bahwa Abu Nawas tidak sengaja mau melakukan tindakan yang mempunyai konsekuensi hukuman pancung. Namun, tantangan itu muncul ketika dirinya sedang meminum kopi di sebuah warung.

Sahabat-sahabat Abu Nawas menantang dia untuk memantati Raja karena selama ini belum ada yang berani melakukannya. Jika berhasil, Abu Nawas akan mendapat 100 keping emas dari sahabat-sahabatnya.

Tentu saja Abu Nawas menerima tantangan tersebut, meskipun dia sendiri tidak yakin berhasil. Minggu depan Raja Harun Al Rasyid akan mengadakan jamuan kenegaraan. Para menteri, pegawai istana, dan orang-orang dekat Raja diundang, termasuk Abu Nawas.

Seusai menyampaikan pidato, Raja melihat Abu Nawas duduk sendirian di tempat yang tidak ada karpetnya. Karena merasa heran, Raja bertanya, "Mengapa engkau tidak duduk di atas karpet?"

Baginda Raja sekuat tenaga membujuk Abu Nawas untuk duduk di karpet. Namun, Abu Nawas menjelaskan bahwa dirinya sudah duduk di karpet.

Tentu saja Raja tidak percaya karena tidak ada karpet secuil pun yang diduduki Abu Nawas. Raja melihat Abu Nawas hanya duduk di lantai.

"Karpet yang mana yang engkau maksudkan wahai Abu Nawas. Aku dari tadi tidak melihat engkau duduk di karpet?" tutur Baginda masih bingung, seperti dikutip dari nu.or.id , Kamis (6/1/2022).

"Baiklah Raja yang mulia, kalau memang ingin tahu, maka dengan senang hati hamba akan menunjukkan," kata Abu Nawas sambil beringsut-ringsut ke depan.

Artikel Asli