Loading...
Loading…
5 Keutamaan Puasa Syawal, Penyempurna Ibadah Wajib

5 Keutamaan Puasa Syawal, Penyempurna Ibadah Wajib

Muslim | okezone | Selasa, 26 Mei 2020 - 12:31

RAMADHAN dan hari raya Idul Fitri baru saja berlalu. Sejumlah umat Islam kini kembali beraktivitas seperti sedia kala, termasuk dalam hal ibadah.

Kaum Muslimin pun diimbau tidak mengendurkan pelaksanaan ibadah usai bulan suci dan Hari Kemenangan tersebut. Salah satunya adalah lanjut menunaikan ibadah puasa sunah di Bulan Syawal.

Adapun fadilah atau keutamaan yang bisa diraih umat Islam dari puasa Syawal adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Rumaysho , Selasa (26/5/2020):

1. Menggenapkan pahala puasa satu tahun penuh

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR Muslim)

2. Dapat menyempurnakan ibadah wajib

Amalan puasa Syawal bisa menyempurnakan kekurangan yang ada pada puasa wajib ketika Ramadhan sebagaimana sholat sunah rawatib yang menyempurnakan ibadah wajib.

3. Tanda diterimanya amalan puasa Ramadhan

Apabila Allah Subhanahu wa ta'ala menerima amalan puasa Ramadhan seorang hamba, maka Beliau akan menunjukkan untuk melakukan amalan salih lain, di antaranya puasa enam hari di bulan Syawal.

Baca Juga :
Inilah 5 Keutamaan Puasa Syawal Menurut Hadis

Hal ini sebagaimana perkataan sebagian salaf:

"Di antara balasan kebaikan adalah kebaikan selanjutnya dan di antara balasan kejelekan adalah kejelekan selanjutnya."

Ibnu Rajab menjelaskan hal tersebut dengan perkataan salaf lainnya:

"Balasan dari amalan kebaikan adalah amalan kebaikan selanjutnya. Barang siapa melaksanakan kebaikan lalu dia melanjutkan dengan kebaikan lainnya, maka itu adalah tanda diterimanya amalan yang pertama. Begitu pula barang siapa yang melaksanakan kebaikan lalu malah dilanjutkan dengan amalan kejelekan, maka ini adalah tanda tertolaknya atau tidak diterimanya amalan kebaikan yang telah dilakukan."

Original Source