Loading...
Loading…
Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun, Adakah Tuntunannya?

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun, Adakah Tuntunannya?

Muslim | okezone | Jumat, 31 Desember 2021 - 14:45

DOA akhir tahun dan awal tahun selalu dibahas setiap Muslim menjelang pergantian tahun. Tapi apakah sebenarnya ada tuntunannya dalam ajaran agama Islam? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Sebagaimana dikutip dari laman Rumaysho , Jumat (31/12/2021), Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menjelaskan bahwa sebagian ulama mengatakan tidak ada tuntunan mengenai doa akhir tahun dan awal tahun baru.

Syekh Bakr bin Abdillah Abu Zaid rahimahullah berkata, "Syariat Islam tidak pernah mengajarkan atau menganjurkan doa atau zikir untuk awal tahun. Manusia saat ini banyak yang membuat kreasi baru dalam hal amalan berupa doa, zikir, atau tukar menukar ucapan selamat, demikian pula puasa awal tahun baru, menghidupkan malam pertama bulan Muharram dengan sholat, zikir atau doa, puasa akhir tahun dan sebagainya yang semua ini tidak ada dalilnya sama sekali." (Tashih Ad Dua, halaman 107)

Syekh Abdullah At-Tuwaijiriy berkata, "Sebagian orang membuat inovasi baru dalam ibadah dengan membuat-membuat doa awal tahun dan akhir tahun. Sehingga dari sini orang-orang awam ikut-ikutan mengikuti ritual tersebut di berbagai masjid, bahkan terdapat para imam pun mengikutinya. Padahal, doa awal dan akhir tahun tersebut tidak ada pendukung dalil sama sekali dari Nabi Shallallahu alaihi wassallam dan juga dari para sahabatnya, begitu pula dari para tabiin. Tidak ada satu hadis pun yang mendukungnya dalam berbagai kitab musnad atau kitab hadis." (Al Bida Al Hawliyah, halaman 399)

Baca Juga :
10 Perkara yang Bisa Mematikan Hati Seorang Hamba

Dilanjutkan pula oleh Syekh At-Tuwaijiriy di halaman yang sama, "Kita tahu bahwa doa adalah ibadah. Pengkhususan suatu ibadah itu harus tawqifiyah (harus dengan dalil). Doa awal dan akhir tahun sendiri tidak ada tuntunan dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, tidak pula pernah dicontohkan oleh para sahabat radhiyallahu anhum."

Original Source