Viral Ustadz Abdul Somad Bisa Jawab Pertanyaan Sulit Pejabat Malaysia, Netizen: Sangat Cerdas

Muslim | okezone | Published at Senin, 29 November 2021 - 17:10
Viral Ustadz Abdul Somad Bisa Jawab Pertanyaan Sulit Pejabat Malaysia, Netizen: Sangat Cerdas

USTADZ Abdul Somad dikenal sebagai salah satu ulama terkemuka di Indonesia. Tapi, ternyata dakwahnya juga digemari hingga negara tetangga, yaitu Malaysia.

Dalam satu ceramahnya yang viral, Ustadz Abdul Somad memberi jawaban beberapa pertanyaan yang diajukan jamaah Malaysia. Salah satunya bahkan diajukan oleh pejabat setempat.

Pertanyaan diajukan itu mengenai keislaman sebelum zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam: Apakah berbeda di setiap nabinya? UAS pun memberi jawaban yang sangat cerdas.

Ustadz Abdul Somad. (Foto: Instagram @ustadzabdulsomad_official)

"Ya Allah aku memohon kepada Engkau berkat Muhammad ampunkan dosaku, Adam menyebut Muhammad," ujar UAS ketika menjelaskan doa Nabi Adam Alaihissallam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala yang saat itu Nabi Muhammad belum ada.

"Maka Allah tanya, dari mana Engkau tahu Muhammad ada, wahai Adam? Kata Adam, ketika Engkau ciptakan aku, Kau tiupkan ruh ke dalam jasadku, Kau angkat kepalaku, aku pandang ada tertulis nama Muhammad di samping nama-Mu. Nama itu tertulis di kaki-kaki tiang Arsy. Itulah dalil mengapa beberapa masjid menulis Allah-Muhammad, Allah-Muhammad," ungkap Ustadz Abdul Somad.

Seperti dikutip dari unggahan akun Facebook Islami Update, Senin (29/11/2021), lebih lanjut lagi UAS juga menjelaskan syariat Islam berbeda-beda dalam setiap nabi yang diutus. Misalnya dalam mengerjakan sholat.

"Setiap nabi itu syariat yang berbeda-beda. Sholat zaman Nabi Sulaiman Alaihissallam tidak sama dengan sholat zaman Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Makanya banyak menyebut Nabi Sulaiman meninggal ketika sedang sholat, padahal dia berdiri ketika lapuk tongkatnya dimakan rayap dia jatuh. Kalau begitu sholat di zaman Nabi Sulaiman itu tak ada rukuk sujud, tegak saja berdiri," papar Ustadz Abdul Somad.

Artikel Asli