Angka 40 Disebut Berkali-kali dalam Alquran, Ini Keistimewaannya Menurut Ustadz Adi Hidayat

Muslim | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 14:16
Angka 40 Disebut Berkali-kali dalam Alquran, Ini Keistimewaannya Menurut Ustadz Adi Hidayat

USTADZ Adi Hidayat (UAH) mengungkap angka 40 memiliki keistimewaan di dalam kitab suci Alquran. Hal ini karena banyak sekali ajaran keislaman yang menyebutkan angka tersebut.

Ustadz Adi Hidayat dalam satu kesempatan ceramahnya menyebut bahwa begitu istimewanya angka 40, sampai-sampai Kalamullah atau firman Allah Subhanahu wa ta'ala yang tertuang dalam ayat suci Alquran juga beberapa kali menyebut angka tersebut.

"Kalau Anda perhatikan ayat-ayat Alquran, hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wassallam, baik yang terkait penerimaan wahyu, fase kehidupan yang diutamakan, sampai proses kehidupan kita, maka rata-rata sering kita dapatkan angka 40," ujar Ustadz Adi Hidayat, seperti dikutip dari kanal YouTube Audio Dakwah, Jumat (26/11/2021).

UAH lantas menjelaskan ayat pertama dari Alquran yang menyebutkan angka 40, yaitu terkait peristiwa Nabi Musa Alaihissallam sebelum menerima wahyu di Bukit Thur Sinai. Beliau diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk bermunajat selama kurang lebih 40 malam. Peristiwa spiritual tersebut tertuang dalam Surah Al Baqarah Ayat 51.

Ustadz Adi Hidayat lantas menjelaskan tafsir ayat tersebut. Penyebutan kata lail atau malam terdapat kata ta, itu menunjukkan betapa waktu 40 malam tersebut sangatlah istimewa.

Selanjutnya ustadz asal Pandeglang, Banten, ini mengungkapkan bahwa manusia disebutkan mencapai usia ideal untuk menerima segala hal dalam hidup ketika menapaki umur 40 tahun. Hal ini juga disebutkan dalam Surah Al Ahqaf Ayat 15.

Artikel Asli