Ini Cara Mudah Deteksi Jantung Bermasalah atau Tidak Menurut Ustadz dr Zaidul Akbar

Muslim | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 09:17
Ini Cara Mudah Deteksi Jantung Bermasalah atau Tidak Menurut Ustadz dr Zaidul Akbar

PRAKTISI kesehatan sekaligus pendakwah Ustadz dr Zaidul Akbar mengungkapkan tanda-tanda jantung bermasalah. Salah satunya bisa dilihat dari kondisi mulut.

"Kalau mau lihat sehatnya jantung seseorang, lihatlah karang giginya," ungkap Ustadz dr Zaidul Akbar, seperti dikutip dari kanal YouTube Bisikan.com, Jumat (26/11/2021).

Ilustrasi mendeteksi kesehatan jantung. (Foto: Shutterstock)

Ia pun membagikan konsep sehat sesuai ajaran agama Islam dan bisa dilakukan setiap Muslim. Salah satunya memberitahukan hadis yang menjadi patokan Muslim dalam menjaga kesehatan.

"Saya akan jelaskan dengan sebuah hadis yang sangat sederhana, yang cukup sering kita dengar. Hadis ini berbunyi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 'Bahwa yang halal itu sudah jelas, yang haram itu sudah jelas, di antara keduanya syubhat," papar Ustadz dr Zaidul Akbar.

Lebih lanjut lagi dalam hadis tersebut juga ia menjelaskan dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging (jantung). Jika segumpal daging itu dalam keadaan baik maka baik semua. Jika dalam keadaan rusak, maka rusak semua. Sehingga, pusat kesehatan manusia berada di jantung.

"Anda tidak perlu datang ke dokter jantung untuk ngecek jantung sehat atau engga. Gampang sekali dengan cara apa? Lihat waktu tidurnya benar atau enggak, atau bisa tidur dengan baik enggak?" papar Ustadz dr Zaidul Akbar.

Artikel Asli