Berdosakah Istri Menolak Hubungan Intim dengan Suami? Ini Kata Buya Yahya

Muslim | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 07:07
Berdosakah Istri Menolak Hubungan Intim dengan Suami? Ini Kata Buya Yahya

MEMBAHAS hubungan suami-istri tidak akan lepas dari kebutuhan biologis yang harus dipenuhi. Namun ada kalanya kebutuhan tersebut tidak bisa terpenuhi karena satu dan lain hal. Lantas, bagaimana hukumnya menurut ajaran Islam jika istri menolak hubungan intim dengan suami?

Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan sebuah dosa jika istri menolak ajakan suami berhubungan intim. Namun, ada situasi di mana istri boleh menolak ajakan suami melakukan aktivitas biologis.

Ilustrasi suami istri. (Foto: Unsplash)

"Jika seorang istri tidak bisa melayani suami karena karena udzur (berhalangan) sehingga tidak dapat melaksanakan sesuatu, misalnya sakit, atau karena haid, atau karena nifas, karena sakit; maka istri tersebut dimaafkan tidak dosa di hadapan Allah Subhanahu wa ta'ala," ungkap Buya saat menjawab pertanyaan jamaah, seperti dikutip dari kanal YouTube Ibnu Ummar Atjeh, Jumat (26/11/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, apabila istri menolak namun tidak dalam keadaan udzur, melainkan karena ketidakinginan istri berhubungan badan, maka hal tersebut merupakan sebuah dosa yang membuat malaikat sampai mengutuk istri itu. Namun jadi sebuah pahala jika istri dapat melayani suami.

Artikel Asli