10 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Kehidupan Modern, Banyak Merevisi Penemuan Bangsa Barat

Muslim | okezone | Published at Kamis, 25 November 2021 - 06:37
10 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Kehidupan Modern, Banyak Merevisi Penemuan Bangsa Barat

PUNCAK kejayaan peradaban Islam berada pada era pertengahan saat banyak Muslim menjadi ilmuwan. Banyak ilmuwan Muslim yang menemukan metode-metode baru dan banyak merevisi penemuan-penemuan ilmuwan bangsa Barat.

Bahkan, hasil penemuan ilmuwan Muslim menjadi barometer bagi ilmuwan dunia. Nah, berikut 10 ilmuwan muslim yang berpengaruh dalam kehidupan modern, seperti dihimpun dari kanal Youtube Data Fakta, Kamis (25/11/2021).

1. Jabir Ibn Yahya (721815 Masehi)

Jabir Ibn Yahya merupakan orang pertama yang mampu mengidentifikasi bahan pelarut emas, asam sulfat, klorida, nitrat, dan alkali. Bahkan berkat hasil penemuan tersebut, dia dianggap sebagai The Father of Modern Chemistry atau ahli kimia modern pada masa perkembangannya.

Ilustrasi para ilmuwan Muslim dunia. (Foto: Baztab)

2. Al Khawarizmi (780850M)

Kemajuan teknologi saat ini tidak lepas dari penemuan Al Khawarizmi. Ia merupakan ilmuwan matematika penemu konsep Aljabar pada pelajaran matematika yang sangat berpengaruh bagi kemajuan teknologi. Bahkan kata Alogaritma berasal dari namanya yang kala itu dikenal bangsa Barat dengan sebutan Al Goritmi, Al Gorismi, atau Al Cowarizmi.

3. Thbit ibn Qurra (826901M)

Masih dalam bidang matematika, tonggak estafet pengembangan matematika dari Al Khawarizmi kembali dilanjutkan oleh ilmuwan Muslim Thbit ibn Qurra. Penemuan perhitungannya sangat banyak berpengaruh dalam bidang matematika, salah satunya untuk penentuan luas bumi. Penemuan perhitungannya yang paling berpengaruh yaitu perhitungan integral, trigonometri, serta bilangan real.

Artikel Asli