Jumat Berkah, Buka Alquran Digital Okezone dan Baca Surah Al Kahfi

okezone | Muslim | Published at Jumat, 15 Oktober 2021 - 04:30
Jumat Berkah, Buka Alquran Digital Okezone dan Baca Surah Al Kahfi

HARI Jumat berkah saatnya menjalankan sunah-sunah berpahala besar. Contohnya membaca Surah Al Kahfi. Makin mudah jika membacanya di Alquran Digital Okezone . Selain teks Arab, tersedia juga terjemahan latinnya, arti, hingga penjelasan tafsirnya.

Adapun Surah Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua". Ini merupakan surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran. Surah Al Kahfi berisi 110 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

 

Sementara keistimewaan hari Jumat yang penuh keberkahan ini sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad bersabda:

Artinya: "Tidaklah matahari terbit dan tenggelam pada suatu hari yang lebih utama dari hari Jumat." (HR Ahmad, Abdur Rozaq, Ibnu Hibban, Al Baihaqi. Syekh Al Albani mengatakan dalam kitab Shahih At Targib wa At Tarhib bahwa hadis ini hasan)

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

 

Pada hari Jumat juga terdapat beberapa kejadian luar biasa, sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut ini. Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

Artinya: "Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jumat. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR Muslim)

Artikel Asli