5 Adab Keluar Rumah ala Aa Gym, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

okezone | Muslim | Published at Kamis, 14 Oktober 2021 - 06:37
5 Adab Keluar Rumah ala Aa Gym, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau lebih akrab disapa Aa Gym mengatakan sebelum memulai aktivitas di luar rumah, umat Islam dianjurkan membaca doa. Tidak hanya itu, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam juga mengajarkan adab-adab keluar rumah.

Langsung saja, berikut adab-adab keluar rumah yang telah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ajarkan, seperti dikutip dari tayangan video tausiyah Aa Gym di kanal YouTube-nya Aa Gym Daily Vlog, Kamis (14/10/2021).

1. Niat

Adab keluar rumah yang pertama adalah pastikan niatnya. Niat merupakan kunci. Berniatlah keluar rumah untuk mencari ridho Allah Subhanahu wa ta'ala, menjemput rezeki, serta mencari ilmu.

"Pokoknya niat harus betul-betul mengawali keberangkatan kita dari rumah karena niat seperti nyawa dan amal seperti tubuh ini. Salah niat maka tidak bisa jadi amal," terang Aa Gym.

Ilustrasi aktivitas keluar rumah. (Foto: Fotorech/Pixabay)

2. Sholat sunah dua rakaat

Adab keluar rumah yang kedua adalah usahakan lakukan sholat sunah 2 rakaat sebelum keluar dari rumah. Sholat sunah boleh sholat dhuha, sholat tobat, atau sholat sunah lainnya. Ketika sholat, tubuh akan dalam keadaan berwudu dan itu bagus untuk setiap Muslim. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Jika engkau keluar dari rumahmu maka lakukan sholat dua rakaat yang dengan ini ia akan menghalangimu dari kejelekan yang berada di luar rumah. Jika engkau memasuki rumahmu maka lakukan sholat dua rakaat yang akan menghalangimu dari kejelekan yang masuk ke dalam rumah." (HR Al Bazzar)

Artikel Asli