5 Manfaat Kesehatan Makan Pakai Tangan Kanan seperti Sunah Rasulullah

okezone | Muslim | Published at Minggu, 10 Oktober 2021 - 19:37
5 Manfaat Kesehatan Makan Pakai Tangan Kanan seperti Sunah Rasulullah

MAKAN adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Di dalam ajaran agama Islam, makan memiliki adab kebaikan tersendiri, yakni makan memakai tangan kanan. Hal ini sebagaimana sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

"Setiap perbuatan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bisa dijadikan teladan. Termasuk bagaimana mengatur pola makan yang baik, serta menjadikan makan dengan tangan bagian dari sunah," kata Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

Artinya: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS Al Ahzab: 21)

Lebih lanjut, kata Ustadz Ainul Yaqin, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu menggunakan tangan kanan ketika menyantap makanan. Kemudian sunah lainnya ketika makan yaitu Nabi menggunakan tiga jari.

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu makan dengan tangan kanan, mengunyah makanan dengan baik, tidak tergesa-gesa menelan makanan, makan dengan duduk tidak berdiri, dan berhenti sebelum kenyang, serta makanan yang halal tentunya," papar Ustadz Ainul Yaqin.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

Artinya: "Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS Al Araf: 31)

Artikel Asli