Loading...
Loading…
Haruskah Berwudhu Saat Membaca Alquran Lewat Handphone? Simak Penjelasannya

Haruskah Berwudhu Saat Membaca Alquran Lewat Handphone? Simak Penjelasannya

Muslim | okezone | Kamis, 30 April 2020 - 13:10

SEBAGAIMANA diketahui, jika seorang muslim ingin membawa dan membaca Alquran dianjurkan untuk memiliki wudhu. Hal ini untuk menjaga kesucian Alquran, sekaligus mengikuti sunah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Namun seiring perkembangan zaman, kini Alquran pun dapat diakses langsung melalui sarana digital, seperti smartphone atau handphone (HP).

Lantas, apakah ketika akan membawa Alquran dalam HP juga diharuskan memiliki wudhu? Apalagi HP tersebut sering dibawa ke toilet dalam keadaan tertentu.

Dilansir dari laman The Islamic Information, Kamis (30/4/2020), membaca Alquran di dalam smartphone jadi hal yang umum akhir-akhir ini, tetapi apakah harus memiliki wudhu saat membawa telepon ke toilet? Menjawab pertanyaan tersebut, baiknya umat Islam mengingat tiga hal berikut ini:

1. Setiap orang menyadari fakta bahwasannya, sebagai Muslim tidak diizinkan untuk menggunakan Alquran tanpa memiliki wudhu. Sesuai dengan ajaran para sahabat Nabi Muhammad, dari empat imam (RA), dan disebutkan oleh berbagai ulama, ditulis kepada penduduk setempat Yaman bahwa;

"Tidak ada yang harus menyentuh Quran kecuali siapa yang taahir"

Baca Juga :
8 Aktivitas yang Disunnahkan untuk Berwudhu

Dalam keadaan sederhana di mana seorang muslim seperti hanya akan memindahkan tempat Alquran, diharuskan untuk membungkusnya dengan selembar kain terlebih dahulu. Kemudian mushaf harus dihindari untuk dibawa ke dalam kamar mandi.

Hal ini juga harus dijaga dengan hormat sedemikian rupa, sehingga tetap aman dari lemparan atau diinjak-injak.

2. Alquran di dalam Alquran hukumnya berbeda dengan Mushaf (Alquran bentuk fisik). Seorang muslim diizinkan menyentuhnya meski belum melakukan wudhu. Selain itu masih diperbolehlan membawanya ke dalam kamar mandi, tetapi aplikasi Quran tidak boleh dibuka ketika berada di dalam toilet. Alasan di baliknya adalah bahwa tulisannya tidak sama dengan tulisan Mushaf. Prosesnya terdiri dari beberapa gelombang yang diterima dan menghilang.

Original Source