Keutamaan Surat Al Falaq, Lengkap dengan Waktu Membacanya

Muslim | okezone | Published at Selasa, 21 September 2021 - 10:22
Keutamaan Surat Al Falaq, Lengkap dengan Waktu Membacanya

KEUTAMAAN Surat Al Falaq sangatlah besar. Al Falaq memiliki arti "Waktu Subuh" dan merupakan surat ke-113 dalam kitab suci Alquran. Surat Al Falaq terdiri dari 5 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Dikutip dari laman Muslim.or.id , Selasa (21/9/2021), Ustadz Anas Burhanudin MA menjelaskan bahwa Surat Al Falaq bersama Surat An-Nas disebut Al Muawwidzatain karena keduanya mengandung tawidz (perlindungan). Keduanya termasuk surat yang utama dalam kitab suci Alquran. Keutamaan Surat Al Falaq selalu disebut bersamaan dengan Surat An-Nas.

Adapun lafadz Surat Al Falaq adalah sebagai berikut:

(1) (2) (3) (4) (5)

"Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang mengembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki." (QS Al Falaq: 15)

Ilustrasi keutamaan Surat Al Falaq. (Foto: Shutterstock)

Dalam kitab Shahih-nya, Imam Muslim meriwayatkan dari Uqbah bin Amir radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

(( ))

"Tahukah engkau ayat-ayat yang telah diturunkan malam ini, tidak pernah ada yang menyerupainya sama sekali? Kemudian beliau mengatakan:

Sedangkan At-Tirmidzi, An-Nasa'i, dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu anhu hadis berikut:

(( , , ))

"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berlindung dari mata jahat jin dan manusia. Ketika turun AlMuawwidzatain, beliau memakainya dan meninggalkan yang lain." (dihukumi shahih oleh Al-Albani)

Artikel Asli