Wudu di Kamar Mandi, Bagaimana Hukumnya?

okezone | Muslim | Published at 16/09/2021 03:00
Wudu di Kamar Mandi, Bagaimana Hukumnya?

AGAMA Islam mengajarkan berbagai hal terkait kehidupan dunia hingga akhirat. Contohnya adab saat berada di dalam kamar mandi dan wudu, masing-masing memiliki ajarannya tersendiri.

Dikutip dari kanal resmi Nahdlatul Ulama (NU), salah seorang ahli ilmu fikih Ustadz Habib Syauqi Al Haddad menuturkan bahwa di antara adab seseorang ketika berada di dalam kamar mandi adalah tidak boleh berbicara. Berbicara yang baik seperti berzikir maupun berbicara yang tidak baik.

 

"Dilarang di sini ulama mengatakan hukumnya makruh (mendekati dosa). Maka, dianjurkan kita untuk berdiam, atau paling kita berdehem," katanya.

Kemudian bagaimana apabila seseorang berwudu di dalam kamar mandi? Apakah diperbolehkan?

Wudu. (Foto: Shutterstock)

Habib Syauqi mengatakan, jika memungkinkan lebih baik wudu di luar kamar mandi. Namun apabila terpaksa, maka berwudu di dalam kamar mandi hukumnya adalah mubah atau diperbolehkan.

"Sekarang seumpama rumah kita sempit, tidak ada tempat wudu kecuali di kamar mandi itu diperbolehkan. Selagi kita tidak melihat najis tersebut, terciprat ke baju kita atau anggota tubuh kita," tuturnya.

Tapi perlu diingat, ketika berada di dalam kamar mandi terdapat adab yang harus diperhatikan setiap Muslim, baik sedang buang hajat maupun bersuci (mandi/wudu) dilarang membaca doa di dalamnya. Sebab, toilet atau kamar mandi adalah tempat kotor.

 

Menurut Habib Syauqi, dalam adab yang diajarkan dalam syariat Islam yaitu baiknya berdoa di luar kamar mandi, setelah berwudu, mandi, atau buang hajat.

"Kemudian apabila kita berwudu di dalam kamar mandi, dan kita ingin berdoa di kamar mandi, sepantasnya di antara adab ketika keluar kamar mandi maka kita berdoa di depan pintu setelah keluar dari luar ruangan kamar mandi. Kita gunakan kaki kanan, lalu berdoa keluar kamar mandi, kemudian kita berdoa wudhu," ucapnya.

Artikel Asli