Istilah Istidraj dan 3 Elemen Masyarakat yang Bisa Terkena Dampak

okezone | Muslim | Published at 15/09/2021 15:00
Istilah Istidraj dan 3 Elemen Masyarakat yang Bisa Terkena Dampak

ISTIDRAJ dalam bahasa Arab terambil dari kata daroja yang artinya naik dari satu tingkatan ke tingkatan berikutnya. Para Ulama memaknai istidraj antara lain dengan azab yang berupa kenikmatan.

Allah Subhanahu wa Taala berfirman berikut :

.

Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami , akan Kami biarkan mereka berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dengan cara yang mereka tidak ketahui. Dan Aku akan memberikan tenggang waktu kepada mereka. Sungguh rencanaKu sangat teguh." (QSAl Araf (7);182-183)

Pada terjemahan Tafsir Kemenag RI tersebut Sanastadrijuhum diartikan dengan akan Kami biarkan mereka berangsur-angsur ( kearah kebinasaan).

Bisa juga kita artikan akan Kami istidrajkan mereka. Atau menggunakan istilah Jawa akan Kami lulu mereka, min haitsu laa yalamuun = dengan cara yang mereka tidak ketahui.

Ulama dan Mantan Anggota Komisi Ukhuwah MUI DKI Jakarta, KH Drs Syarifuddin Mahfudz MSi menjelaskan maka Istidraj adalah siasat Allah SWT terhadap orang-orang yang selalu berbuat maksiat, orang-orang yang selalu mendustakan ayat-ayat Allah, selalu mengabaikan peringatan, perintah dan larangan Allah swt. Dan mereka bangga dengan ulahnya karena merasa sukses terus.

Dan pada ayat 183 nya Allah nyatakan :

Dan Aku akan memberikan tenggang waktu kepada mereka, innaa kaidii matiin = sungguh rencanaKu sangat teguh.

Artikel Asli