Kumpulan Doa Setelah Sholat, Kerjakan Sebagaimana Nabi Muhammad SAW Contohkan

okezone | Muslim | Published at 15/09/2021 09:27
Kumpulan Doa Setelah Sholat, Kerjakan Sebagaimana Nabi Muhammad SAW Contohkan

KUMPULAN doa setelah sholat wajib 5 waktu atau lebih tepatnya berdzikir yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW perlu diperhatikan kaum Muslimin. Apa yang diucapkan dan dikerjakan Rasulullah SAW selesai sholat menjadi tuntunan bagi umatnya.

Syaikh Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi menjelaskan, adapun yang diucapkan Nabi Muhammad SAW seperti dijelaskan di bawah ini yakni:

1. Dari Tsauban Radhiyallahu anhu, dia berkata, Jika Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam selesai shalat, beliau beristighfar tiga kali dan mengucap:

.

Ya Allah, Engkaulah Pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan. Mahasuci Engkau, wahai Pemilik keagungan dan kemuliaan.

Al-Walid berkata, Aku berkata pada al-Auzai: Bagaimana istighfar itu? Dia berkata: Ucapkanlah :

.

2. Dari Abu az-Zubair, dia berkata, Dulu, ketika Ibnu az-Zubair selesai salam pada akhir sholat, dia mengucap:

.

Tidak ada ilah yang berhak diibadahi selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya seluruh kerajaan dan bagi-Nya segala puji. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan (pertolongan) Allah. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi melainkan Allah. Kami tidak beribadah kecuali kepada-Nya. Bagi-Nya nikmat, anugerah, dan pujian yang baik. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi melainkan Allah, dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir benci.

Dia berkata, Dahulu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bertahlil dengan doa tersebut pada akhir setiap shalat.

3. Dari Warrad bekas budak al-Mughirah bin Syubah, dia berkata, Al-Mughirah bin Syubah menulis surat kepada Muawiyah, bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam jika selesai shalat dan salam, beliau mengucap:

.

Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan haq selain Allah. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya-lah segala kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dan Dia Mahakuasa atas segala se-suatu. Ya Allah, tidak ada yang menghalangi apa yang Engkau berikan. Dan tidak ada yang mampu memberi apa yang Engkau tahan. Tidaklah bermanfaat bagi pemilik kekayaan. Karena dari-Mu-lah kekayaan itu.

Artikel Asli