Olahraga Sunah, Nomor 3 Diajarkan Nabi Muhammad SAW Selepas Sholat Dhuha dan Asar

okezone | Muslim | Published at 09/09/2021 13:13
Olahraga Sunah, Nomor 3 Diajarkan Nabi Muhammad SAW Selepas Sholat Dhuha dan Asar

OLAHRAGA sunah yang dicontokan dan diajarkan Nabi Muhammad SAW ada beberapa jenis. Nabi selalu mengajarkan umatnya untuk hidup sehat. Berbagai olahraga yang dilakukan Nabi Muhammad SAW itu menjadi sunah.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah, dan pada keduanya ada kebaikan. (HR Muslim : 2664)

Nah sebagai umat muslim, sebaiknya selalu menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Saat tubuh sehat maka segala ibadah yang dijalankan tetap lancar.

Dilansir dari Channel Youtube Insan Wabula yang dibawakan oleh Ustaz Khalid Basalamah, Kamis (9/9/2021). Dalam sebuah Riwayat dikatakan, Olahraga yang paling digemari oleh para sahabat adalah gulat. Dan baginda Nabi Shalallahu alaihi wa sallam memotivasi mereka untuk bergulat selepas Sholat Asar atau selepas Sholat Dhuha.

Dan sering sekali Nabi melatih mereka, melempar tombak, memanah, dan memainkan pedang, serta menunggangi kuda, sebagaimana kuda itu berlari, dan mereka disuruh loncat ke atasnya.

Sunah-sunah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW tidak lain untuk kebaikan umatnya. Oleh karena itu, hendaknya muslim mengikuti ajaran-ajaran yang Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam berikan. Agar senantiasa dirahmati juga oleh Allah Subhanahu wa taala.

1. Memanah

Suatu hari Rasulullah pernah berjalan-jalan menjumpai sekelompok sahabatnya yang sedang mengadakan pertandingan memanah, maka waktu itu Rasulullah memberi dorongan kepada mereka dengan sabdanya: "Lemparkanlah panahmu itu, saya bersama kamu," (HR. Bukhari).

Pada hadits lain Rasulullah juga bersabda: "Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah," (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Selain sebagai hiburan, memanah juga melatih kepercayaan diri serta jiwa kepemimpinan seseorang. Selain itu, memanah juga bermanfaat melatih emosi dan fisik untuk membidik target agar tepat sasaran.

Artikel Asli