Olahraga Sunah, Tubuh Jadi Sehat Dapat Pahala Juga

okezone | Muslim | Published at 09/09/2021 11:49
Olahraga Sunah, Tubuh Jadi Sehat Dapat Pahala Juga

OLAHRAGA sunah yang dicontokan dan diajarkan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam (SAW) ada beberapa macam. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah, dan pada keduanya ada kebaikan. (HR Muslim : 2664)

Islam merupakan agama yang sempurna dan realistis. Agama ini telah mengatur segala kebutuhan jiwa manusia, termasuk untuk me-refresh pikiran dan hati melalui hiburan ataupun permainan. Hal itu dikarenakan hiburan merupakan fitrah bagi manusia. Konsep hiburan setiap orang berbeda-beda namun hendaklah sesuai dengan syariat Islam.

Di samping aktif beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, maka sisihkanlah waktu sesaat untuk melakukan hiburan yang bersifat mubah atau diperbolehkan dalam Islam. Allah Ta'ala berfirman :

Artinya: "Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah (berzikir kepada) Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung," ( QS. Al-Jumu'ah: 10 ).

Nah, bagi kaum muslimin, ada beberapa macam olahraga permainan dan hiburan yang disyariatkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam guna memberikan kegembiraan dan hiburan. Di mana hal itu membuat hati terhibur namun jauh dari hal yang laghwu atau sia-sia.

Dikutip dari buku karya Syaikh Muhammad Yusuf al-Qardhawi berjudul 'Halal dan Haram dalam Islam', berikut beberapa olahraga dan hiburan yang halal bagi kaum muslimin:

1. Lomba lari

Siti Aisyah mengatakan: "Rasulullah bertanding dengan saya dan saya menang. Kemudian saya berhenti, sehingga ketika badan saya menjadi gemuk, Rasulullah bertanding lagi dengan saya dan ia menang, kemudian ia bersabda: Kemenangan ini untuk kemenangan itu," (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Lomba lari adalah bentuk olahraga sederhana yang melatih perkembangan fisik. Sekaligus ajang mempersiapkan diri agar lebih giat beribadah. Selain itu, berlari juga mengasah ketangkasan agar kita memiliki stamina kuat untuk beribadah kepada Allah.

2. Gulat

Dalam sebuah riwayat Abu Daud dikatakan bahwa Nabi bergulat dengan Rukanah. Pria bernama lengkap Rukanah bin Abdu Yazid bin Hisyam bin Abdul Muthalib bin Abdu Manaf al-Muthallibi itu memiliki badan kekar dan besar. Ia juga terkenal lincah dalam berkuda.

Artikel Asli