Keutamaan Surat Az Zukhruf Sebagai Penawar Kesedihan Saat Tertimpa Musibah

okezone | Muslim | Published at 16/08/2021 13:13
Keutamaan Surat Az Zukhruf Sebagai Penawar Kesedihan Saat Tertimpa Musibah

KEUTAMAAN Surat Az Zukhruf tentu terkandung di dalamnya, sama halnya dengan surat-surat lainnya di dalam Alquran . Surat Az Zukhruf berada di urutan ke-43 setelah Surat Asy-Syura. Surat Az Zukhruf mempunyai 89 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah.

Surat Az Zukhruf atau jika diartikan adalahperhiasan mempunyai keutamaan dan manfaat sebagai berikut:

Pertama, orang yang membacanya secara Istikamah akan dilindungi dari himpitan kubur.

Rasulullah Saw. pernah bersabda, Barangsiapa yang senantiasa membaca (secara istikamah) surah ha mim Az-Zuhruf, maka Allah akan menjaganya di dalam kubur dari (gigitan) binatang-binatang tanah, himpitan kubur, hingga ia berdiri di hadapan Allah azza wa jalla, maka surat itu datang kepadanya dan membawanya masuk ke dalam surga atas perintah Allah tabaraklallahu taala. (Tsawabul Amal: 143)

Kedua, melansir laman abusyuja com disebutkan, Surat Az Zukhruf bisa dijadikan doa memohon perlindungan untuk orang yang sedang hamil dan memudahkan proses kelahiran.

Ketiga, Surat Az Zukhruf dapat juga menjadi doa agar memperoleh kesabaran ketika tertimpa musibah. Adapun caranya yaitu dengan membaca Surat Az-Zukhruf ayat 68-73 secara istikamah.

Sedangkan pokok kandungan Surat Az Zukhruf adalah sebagai berikut;

1. Menjelaskan bahwa Al-Quran berasal dari lauhul-mahfuz;

2. Menegaskan bahwa Nabi Isa adalah hamba Allah;

3. Menegaskan bahwa Tuhan tidak memiliki anak;

4. Menjelaskan perintah Tuhan kepada Nabi Muhammad SAW supaya menjauhi orang-orang yang tidak beriman;

5. Menceritakan kisah Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, sebagai perbandingan bagi Nabi dan sebagai penawar di saat dalam kesulitan.

Artikel Asli