Manfaat Surat Al Jasiyah Ayat 36-37, Begini Penjelasanya

okezone | Muslim | Published at 16/08/2021 14:00
Manfaat Surat Al Jasiyah Ayat 36-37, Begini Penjelasanya

MANFAAT Surat Al Jasiyah ayat 36-37 patut diketahui kaum Muslim. Ayat 36 dan 37 adalah penutup dari Surat Al Jasiyah. Adapun Surat Al Jasiyah berada dalam urutan ke-45 setelah Surat Ad Dukhan. Surat Al Jasiyah mempunyai 37 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah.

Adapun bunyi Surat Al Jasiyah ayat 36 yakni;

"Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan (pemilik) langit dan bumi, Tuhan seluruh alam."

Sementara bunyi Surat Al Jasiyah ayat 37 yakni;

"Dan hanya bagi-Nya segala keagungan di langit dan di bumi, dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana."

Melansir Kemenag disebutkan tafsir kedua ayat ini merupakan ayat penutup Surat Al Jasiyah. Dalam ayat-ayat ini Allah menyebutkan beberapa sifat-Nya yang ada hubungannya dengan dasar-dasar pengambilan keputusan di hari Kiamat nanti, yaitu:

1. Dia Maha Terpuji, karena itu bagi-Nyalah segala puji. Ungkapan ini memberikan pengertian bahwa segala nikmat apa pun yang diperoleh manusia selama hidup di dunia berasal dari Allah agar manusia dapat melaksanakan tugasnya sebagai khalifah-Nya di bumi, bukan untuk berbuat sewenang-wenang dan memperturutkan hawa nafsu. Jika manusia tidak mensyukuri nikmat itu dan tidak mempergunakan nikmat itu menurut yang semestinya, tentulah orang itu akan mendapat murka dan azab-Nya.

2. Allah Mahakuasa, Dia menguasai semesta alam. Perkataan ini memberikan pengertian bahwa segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi berada dalam kekuasaan-Nya. Dia menguasai dunia dan akhirat.

3. Dia Mahaagung, karena keagungan dan keangkuhan hanya bagi Allah di langit dan di bumi dan kekuasaan-Nya berada di atas segala kekuasaan.

Artikel Asli