Jangan Lupakan Bismillah, Ini Keutamaannya

okezone | Muslim | Published at 16/08/2021 17:21
Jangan Lupakan Bismillah, Ini Keutamaannya

SETIAP umat Muslim dianjurkan untuk membaca Bismillah sebelum melakukan segala aktivitas. Tidak hanya sebelum sholat atau hendak membaca ayat-ayat suci Alquran, Bismillah juga diajarkan untuk dibaca dalam aktivitas sehari-hari lainnya, seperti makan dan minum.

Mengapa? Bacaan Bismillah sendiri disebut Tasmiyah dan bagi umat Islam, sangat dianjurkan untuk membacanya setiap memulai segala kegiatan. Hal ini agar apa yang dikerjakan diniatkan atas nama Allah Subhanahu wa ta'ala dan supaya mendapat restu atas pekerjaan tersebut.

Hal ini pun tertuang dalam sebuah hadis. Dalam hadis tersebut, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam bersabda:

"Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan Bismillah maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahannya." (Disahihkan oleh jama'ah, seperti Ibnu Shalah, Nawai dalam Adzkar-nya, Syekh bin Baz berkata hadis ini hasan dengan syawahidnya)

Tentang keutamaan membaca Bismillah sebelum mulai melakukan suatu kegiatan juga dijelaskan oleh Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA. Dia mengatakan, tanpa membaca Bismillahirrahmanirrahim, maka saat melakukan kegiatan akan ada partisipasi setan di dalamnya.

"Makan, minum, berpakaian, berinteraksi, apa saja, Anda kalau tidak menyebutkan nama Allah maka secara otomatis setan ada ikut partisipasi," kata Ustadz Khalid Basalamah, dikutip dari kanal YouTube Khalid Basalamah Official, Senin (16/8/2021).

Bahkan, lanjut dia, sebelum masuk ke kamar mandi pun sangat dianjurkan menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala agar terlindung dari setan laki-laki dan perempuan. Ini pun juga tertuang dalam doa masuk kamar mandi.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Allah dari jin laki-laki dan jin perempuan." (HR Bukhari)

Wallahu a'lam bishawab .

Artikel Asli